BERITABETA.COM, Masohi - Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah (Malteng), Rakib Sabubawa mengajak seluruh peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) daerah Maluku dapat melakukan evaluasi bersama dan koreksi atas capaian kinerja selama setahun.

Evaluasi ini diharapkan lewat bimbingan teknis dan administrasi dari para instruktur agar PDAM /Perumda Air Minum di Maluku semakin baik, sehingga menghasilkan pelayanan yang prima yang dirasakan oleh seluruh pelanggan.

“Rakerda ini  sangat penting sebagai wujud komitmen dan peran bersama selaku Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendorong peningkatan layanan air minum bagi seluruh masyarakat di daerah Maluku terutama di Kabupaten Malteng,”ungkap Sahubawa saat membuka  Rakerda PERPAMSI daerah Maluku yang berlangsung di Baileo Ir. Soekarno, Masohi pada Senin (18/09/2023).

Ia menguraikan, UUD Pasal 33 telah mengamanatkan tentang air sebagai kekayaan yang dimiliki oleh negara. Oleh karenanya, sumber air yang ada di suatu daerah harus bisa digunakan dan dimanfaatkan tidak hanya oleh daerah tersebut, tetapi juga oleh seluruh daerah di sekitarnya.

"Melalui Rakerda ini akan dibahas isu-isu strategis dan pengembangan pelayanan air minum di wilayah Maluku, mengingat cakupan air minum secara nasional masih rendah, sementara pelayanan air minum adalah tugas pemerintah yang mana telah mengamanatkan kepada BUMD Air Minum," tutur Sahubawa.

Dikatakannya bahwa cakupan air minum secara rasional di Maluku masih rendah, oleh karena itu sumber air yang ada di daerah termasuk di Malteng harus di gunakan serta pemanfaatannya sebaik mungkin oleh daerah dan masyarakat.