BERITABETA.COM, Namlea –Pengelolaan potensi tambang emas di Kabupaten Buru, Provinsi Maluku kini mulai dilirik untuk dikembangkan.  Potensi tambang emas di bumi Bupolo itu dikabarkan kini dilirik oleh pengusaha asal Pulau Buru, Daniel Regan. Suami dari artis Bela Sofi ini dikabarkan akan memboyong sejumlah pengusaha tambang emas untuk menggarap potensi tambang emas di sana.

Daniel yang juga digadang-gadang bakal masuk bursa Pilkada Buru itu, bahkan telah mengutarakan niatnya itu untuk memajukan Kabupaten Buru di sektor tambang.

“Mereka yang diboyong adalah para koleganya untuk menggarap potensi alam termasuk tambang emas di Kabupaten Buru,” ungkap Tan salah satu tim suksesnya.

Bahkan, kata Tan, rencana mendatangkan para pengusaha tambang ini, bakal menjadi sebuah program yang akan ditawarkan kepada masyarakat di Buru melalui sosialisasi.

Alasannya, Pemerintah Kabupaten Buru dan Provinsi Maluku sampai saat ini belum dapat membangun investasi tambang di Kabupaten Buru,  padahal potensi tambang sangat besar untuk digarap.

“Sampai saat ini tidak ada pemasukan dari sektor tambang emas sepeser pun untuk Kabupaten Buru dan Provinsi Maluku, ini sangat disayangkan, pemerintah bisa dinilai gagal,”katanya.

Padahal, menurut mereka, lewat pajak dan pendapatan daerah di sektor Tambang pembangunan di Kabupaten Buru bisa melejit jauh.

Alasan ini yang membuat, Daniel Regan  dalam waktu dekat renacananya akan memboyong beberapa pengusaha tambang yang beroperasi di kalimantan untuk datang ke Kabupaten Buru.

Investasi tambang ini akan dipusatkan di beberapa lokasi antaranya di kawasan Gogorea dan Gunung Botak, Kabupaten Buru dengan pengelolaan yang profesional dan menguntungkan.

“Tambangnya akan dikelola secara profesional dengan model tambang modern bukan tambang rakyat karena akan sulit  dalam penanganan limbah kimianya,”tandasnya (BB-DIO)