Atasi Sakit Gigi, Ini Sejumlah Bahan Alami yang Patut Dicoba

ILUSTRASI : Sakit Gigi

BERITABETA.COM – Lagu dangdut lawas, “Lebih baik sakit hati, dari pada sakit gigi,” yang dilantunkan Megy Z, adalah ungkapan dan pengakuan tentang nyerinya sakit gigi yang luar biasa. Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Selain rasanya yang begitu menyiksa, sakit gigi juga dapat menyebabkan orang kehilangan nafsu makanan.

Bahkan sakit gigi juga dapat menyebabkan sakit di bagian kepala, nyeri pada gusi, dan sakit di bagian pipi. Ketika sakit gigi menyarang tentu obat sakit gigi menjadi salah satu solusi terbaik untuk meradakan sakit dan nyeri yang dialami. Baik itu obat gigi alami ataupun obat gigi yang dibeli di apotek.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh masalah seperti gigi berlubang. Namun selain itu sakit gigi juga dapat disebabkan oleh faktor lain, misalnya saja gigi sensitif, tumbuhnya gigi bungsu geraham, gigi retak, hingga masalah kesehatan gigi lainnya. Untuk Anda yang sering mengalami sakit gigi, akibat gigi berlubang beberapa obat alami ini bisa menjadi pilihan tepat untuk meredakan sakit gigi yang menyerang.

Dimana bahan ini cukup mudah untuk Anda dapatkan dan bahkan menjadi bahan yang digunakan setiap hari. Berikut bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat gigi berlubang:

1. Garam

Saat sakit gigi menyerang, umumnya dokter gigi belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut untuk mengatasi sakit yang Anda rasakan. Selain dengan minum obat yang diberikan, satu-satunya cara yang cukup ampuh untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang adalah dengan larutan air garam.

Garam yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri ini bisa menjadi obat gigi paling ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Selain itu garam juga dapat menjadi bahan yang bagus untuk perawatan gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Setelah itu gunakan untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang.

2. Bawang Merah

Siapa sangka jika bawang merah dapat digunakan sebagai obat gigi yang ampuh untuk meredakan sakit gigi berlubang. Kandungan anti-mikrobial dan anti-septiknya mampu mengendalikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai obat gigi dengan cara mengunyahnya. Atau bisa juga dengan menghaluskan bawang merah kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit.

3. Bawang Putih

Selain bawang merah, bawang putih yang dipercaya memiliki kandungan anti-septik alami ini juga dapat menjadi obat gigi yang ampuh. Dimana bawang putih memiliki kemampuan untuk melepas allicin serta menghasilkan minyak alami yang berfungsi untuk melawan bakteri. Caranya, Anda bisa mengunyah bawang putih ataupun menempelkannya di bagian gigi yang sakit.

4. Es Batu

Cara mengobati sakit gigi berlubang juga dapat Anda lakukan dengan mengompres es batu. Dimana suhu dingin yang dihasilkan es batu mampu mengebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya. Anda bisa mengompres bagian gigi yang sakit dengan es batu sekitar 15 menit hingga rasa sakitnya berkurang.

5. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh sudah lama menjadi obat sakit gigi tradisional yang sudah banyak digunakan dari dulu. Dimana kandungan eugenol yang terdapat di dalam minyak cengkeh memiliki fungsi sebagai anetesi alami yang akan menghilangkan sakit gigi. Agar sakit gigi tidak semakin parah, Anda bisa menggunakan gulungan kapas kecil yang sudah ditetesi minyak cengkeh. Kemudian tempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit.

6. Cuka Apel

Cuka apel atau cuka dapur juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk sakit gigi berlubang. Dimana kandungan antimikrobal dan antibakteriannya mampu mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang. Anda bisa melarutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur. Atau bisa juga dengan meneteskan cuka apel ke gulungan kapas kecil kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama beberapa menit hingga rasa sakitnya berkurang.

7. Daun Jambu Biji

Selain beberapa bahan di atas, daun jambu juga bisa Anda gunakan sebagai obat untuk sakit gigi alami. Dimana kandungan analgesik, anti radang dan anti mikrobanya mampu menghentikan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, tumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.

8. Jahe

Jahe yang dikenal sebagai obat tanaman keluarga ini ternyata juga efektif untuk menghentikan nyeri saat sakit gigi menyerang. Dimana kandungan antibiotiknya mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang. Caranya, Anda bisa menumpuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu beberapa menit hingga sakitnya hilang (BB-IS)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire