Buah Naga Ampuh Cegah Penyakit Kronis

Buah Naga
Buah Naga

BERITABETA.COM – Buah naga memiliki bentuk unik dan menarik. Warna ungu kemerahan dan ada pula yang berwarna putih tentu sangatlah khas. Selain bentuknya yang cantik, buah naga juga memiliki rasa yang nikmat. Kaya kandungan air, menjadikan buah ini sangat baik bagi tubuh.

Kandungan vitamin, antioksidan, dan serat yang kaya di dalam buah naga mampu mengatasi berbagai penyakit seperti serangan jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Buah naga juga rendah kalori serta tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan.

Oleh sebab itu buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini penting dimasukkan dalam menu sehat Anda.  Penasaran apa saja kebaikan lainnya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Meringankan Batuk dan Asma

Biji dari buah naga ternyata kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi, sehingga bagi Anda yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti akan sedikit terobati.  Meski demikian, bukan juga bisa dikatakan bahwa buah naga merupakan obat dari asma.

2. Mampu Mencegah Kanker

Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene, yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah serta mencegah penyakit jantung. Sebab biji dari buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

BACA JUGA:  Pestisida Tingkatkan Risiko Sakit Jantung

4. Mampu Mencegah Diabetes

Sifat antioksidan dari buah naga juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus, karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat rendah.

5. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori ini akan membuat perut Anda terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambahnya berat badan.

Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan makin lancar karena mengandung banyak air.

6. Baik bagi Usus

Usus menyimpan banyak bakteri yang harus dikeluarkan dari tubuh. Salah satu cara terbaik yang sederhana dan bisa dilakukan adalah dengan konsumsi buah naga. Buah ini mengandung prebiotik alami yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus.

7. Mengandung Zat Besi

Zat besi sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Fungsi zat besi ialah mampu mengangkat oksigen dari paru-paru untuk membentuk energi yang dibutuhkan oleh sel.  Dengan tujuh kebaikan di atas, maka sudah jelas dan terbukti juga buah naga sangatlah baik bagi tubuh (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire