BERITABETA.COM, Jakarta – Belum tuntas penanganan penyebaran coronavirus disease (Covid-19) di Tanah Air, kini sejumlah wilayah di Indonesia dilamporkan juga terserang infeksi ganda Covid-19 dan demam berdarah dengue (DBD).

Kementerian Kesehatan mengungkapkan terdapat tujuh wilayah yang melaporkan adanya infeksi ganda, yakni transmisi lokal Covid-19 dan juga DBD sebanyak 100 hingga 500 kasus per hari.

“Provinsi-provinsi dengan kasus Covid-19 tertinggi dan juga memiliki kasus DBD yang tinggi saat ini misalnya Jawa Barat, Lampung, NTT, Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY dan Sulawesi Selatan,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam Konferensi Pers di BNPB, Jakarta, pada Senin (22/6/2020).

Nadia menuturkan angka kematian akibat DBD tersebut secara keseluruhan mencapai 346 kasus. Angka kematian tersebut, menurutnya, didominasi oleh ketujuh wilayah dengan kasus Covid-19 dan DBD yang tinggi itu.

“DBD ini angka kematiannya mencapai 346 dan gambarannya sama dengan provinsi-provinsi dengan kasus tertinggi tersebut,” ujarnya.

Dia menuturkan, ada kemungkinan terjadinya infeksi ganda akibat Covid-19 dan DBD di tengah masyarakat.

“Fenomena ini yang terjadi memungkinkan seseorang jika dia terinfeksi Covid-19 juga bisa terinfeksi DBD. DBD sampai saat ini belum ada obatnya dan vaksinnya juga belum efektif,” ujarnya.

Sebelumnya, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto bahwa hingga Maret 2020 ada 424 kabupaten dan kota di Indonesia yang melaporkan kasus DBD.

Yuri menyampaikan hal itu dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, serta Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI secara virtual, Selasa (14/4/2020).

Ia menambahkan, terdapat sebanyak 41.000 kasus DBD dengan 265 orang meninggal pada Maret 2020. Naik turunnya kasus DBD itu disebabkan faktor musim hujan dan musim kemarau seperti tahun 2020, partisipasi mayarakat dan logistik juga berkurang.

“DBD sekarang ini tidak tergantung pada hujan saja, namun pada musim kemarau ada peningkatan nyamuk,” ujar Yuri (BB-DIP)