BERITABETA.COM – Kesehatan merupakan sesuatu yang harus Anda jaga dengan benar. Selama ini orang enggan melakukan pemeriksaan kesehatannya secara rutin, apalagi harus ke dokter.

Bila Anda termasuk salah satu di antaranya,  Anda bisa melakukan pemeriksaan secara rutin kondisi kesehatan Anda di rumah. Seperti disadur dari www.healt.compemeriksaan ini dapat menjadi rambu-rambu bagi tubuh Anda. Pemeriksaan dasar yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

1. Lingkar Pinggang

Lemak berlebih pada pinggang dan perut Anda, bisa menjadi risiko terbesar terjadinya penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Batas aman lingkar pinggang pada wanita adalah kurang dari 88 cm, sedangkan batas aman untuk pria adalah 102 cm.

2. Denyut Jantung

Periksalah denyut jantung Anda saat tidak melakukan aktivitas. Tempatkan dua jari Anda di atas pergelangan tangan atau di leher. Pastikan Anda menemukan denyut jantung Anda. Kemudian hitung detaknya selama satu menit. Normalnya dalam satu menit, jantung berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali. Jumlah denyut jantung yang lebih rendah, umumnya menggambarkan kesehatan fisik yang lebih baik. Gaya hidup kurang aktif dapat menyebabkan tingkat yang lebih tinggi, karena jantung harus bekerja lebih keras.

3. Indeks Massa Tubuh

Indeks massa tubuh (IMT) juga dapat Anda jadikan rambu-rambu untuk mengukur kesehatan Anda. IMT yang normal adalah di bawah angka 25. Rumus untuk menghitung IMT adalah berat badan(kg)/tinggi badan (m) x tinggi badan (m).

Segera konsultasikan ke dokter bila pemeriksaan yang Anda lakukan di rumah menunjukkan hasil yang kurang baik. Semakin cepat Anda memeriksakannya maka Anda bisa mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang lebih serius. Saat melakukan pemeriksaan, Anda bisa mendapatkan saran dari dokter agar tubuh Anda tetap sehat. (BB-healt)