Jeruk Nipis, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan

Jeruk Nipis

BERITABETA.COM – Di balik rasanya yang asam, jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Umumnya bagi mereka yang ingin diet, percaya bahwa kecutnya jeruk nipis bisa menghancurkan lemak.

Cara mengonsumsinya juga beragam. Salah satunya dengan perasan air jeruk nipis hangat. Sementara sebagian orang percaya air perasan jeruk nipis dicampur kecap bisa menyembuhkan penyakit batuk.

Terkenal karena cadangan asam askorbatnya, jeruk nipis menyediakan 32 persen asupan vitamin C. Jeruk nipis memiliki kandungan air dan mineral yang tinggi seperti kalsium, zat besi, tembaga, natrium, magnesium, fosfor, dan kalium serta vitamin seperti folat, vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.

Selain itu, kulit jeruk nipis juga kaya akan serat makanan, antioksidan, flavonol glikosida seperti kaempferol. Serta beragam phytochemical seperti polifenol, limonene, dan terpena.

Bisa dengan cara memasukkan potongan jeruk nipis ke dalam air hangat. Atau mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat. Berikut beberapa khasiat yang bisa didapatkan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Jeruk nipis memiliki aroma yang asam. Jeruk nipis memecah makromolekul makanan, flavonoidnya merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi pencernaan, empedu, dan asam. Jeruk nipis juga merangsang gerakan peristaltik. Jumlah asam yang cukup dalam jeruk nipis membantu membersihkan sistem ekskresi. Serat pada jeruk nipis juga membantu meringankan sembelit. Cobalah minum segelas air jeruk nipis hangat sekitar 30 menit sebelum makan sehingga membantu mencegah gejala mulas atau refluks asam.

Perasan Jeruk Nipis

Turunkan Berat Badan

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa minyak atsiri yang terkandung dalam jeruk nipis dapat mengurangi berat badan bila rutin dikonsumsi. Selain itu, asam sitrat yang ada di dalamnya adalah pembakar lemak yang sangat baik. Segelas air hangat dengan sari jeruk nipis merupakan peredam berat badan yang sangat baik. Anda dapat mengonsumsi dua gelas air hangat dengan perasan jeruk nipis sehari dan hasil luar biasa akan terasa dalam seminggu.

Berat badan yang kurang ideal juga dapat memengaruhi kesuburan seseorang. Hal ini karena berat badan yang terlalu kurus atau bahkan terlalu gemuk akan menyebabkan berbagai penyakit berbahaya bagi wanita, salah satunya adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Penyakit ini menjadi salah satu penyebab kemandulan bagi wanita.

Kelola Gula Darah

Tingginya kadar serat larut yang ditemukan dalam jeruk nipis membuatnya menjadi pendukung diet yang ideal untuk mengatur penyerapan gula tubuh ke dalam aliran darah. Hal itu mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. Jeruk nipis dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan kadar glukosa. Cobalah minum rutin dengan jeruk nipis hangat namun tetap harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

Cegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Kedokteran di Harvard Medical School, Dr. Frank Hu, menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C memiliki efek perlindungan terhadap penyakit jantung koroner. Selain itu, serat larut dan limonin yang ditemukan di dalam jeruk nipis menurunkan tekanan darah.

Bisa membantu mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga mencegah penyakit jantung. Juga, kalium dan magnesium dalam jeruk nipis meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Vitamin C dalam jeruk nipis menurunkan risiko stroke iskemik, terutama bagi wanita. Kemudian juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida LDL dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian pada 2016 tentang aktivitas antikanker dari jeruk nipis menunjukkan bahwa berguna untuk terapi kanker. Ini karena jeruk nipis membersihkan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Fitokimia dikemas antioksidan seperti flavonoid, flavon, triterpenoid, dan limonoid dalam jeruk nipis memiliki sifat melawan kanker seperti usus besar, payudara, prostat, pankreas, perut, paru-paru, ginjal, dan kanker darah.

Membantu  Proses Kesuburan

Meskipun hingga saat ini belum ada penelitian valid yang menyebutkan bahwa jeruk nipis secara pasti dapat membantu mendapatkan momongan, namun setidaknya jeruk nipis memiliki aneka khasiat untuk tubuh. Hal ini karena jeruk nipis memiliki kandungan mikro nutrient serta vitamin yang sangat banyak.

Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga memiliki fungsi antioksidan, anti bakteri, serta dapat membantu dan memperbaiki tekanan darah dan pembuluh darah dalam tubuh. Secara logika, fungsi-fungsi tersebut yang dapat membantu proses kehamilan.

Dengan konsumsi jeruk nipis yang memiliki fungsi antioksidan, maka sistem kardiovaskuler dalam tubuh juga akan turut diperbaiki. Dengan begitu, maka tubuh akan lebih terhindar dari berbagai gangguan pada pembuluh dan tekanan sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pembuluh darah dan penurunan fungsinya. (BB)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire