BERITABETA.COM – Pasca – munculnya virus corona di Indonesia, ramuan jamu tradisional ini mulai diburu. Jamu bernama empon-empon ini disebut-sebut bisa menangkal virus corona.

Ramuan ini antara lain terdiri dari temulawak, jahe, kunyit, kencur, dan sereh. Istilah empon-empon viral setelah disebutkan oleh guru besar biologi molekuler dari Universitas Airlangga, Chaerul Anwar Nidom. Nidom memaparkan empon-empon bisa menangkal virus corona.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto juga bicara soal empon-empon. Menurutnya, semua yang berupa imunitas termasuk empon-empon bisa menjadi penangkal virus corona.

Empon-empon juga terbukti aman untuk kesehatan. Dalam Peraturan MENKES/187/2017 Tentang Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia menyebutkan, formularium ramuan obat tradisional Indonesia (FROTI) merupakan informasi tentang jenis-jenis tumbuhan obat yang tumbuh di Indonesia yang telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam buku ‘Temu-temuan dan Empon-empon, Budidaya dan Manfaatnya’, karya Ir Fauziah Muhlisah, empon-empon berasal dari bahasa Jawa. Asal katanya empu yang berarti rimpang induk atau akar tinggal. Kata ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang mempunyai rimpang atau akar tinggal.

Nenek moyang kita memanfaatkan tanaman yang termasuk kelompok empon-empon untuk pengobatan tradisional dan bumbu masakan. Namun kini penggunaannya meluas ke industri makanan, minuman, perawatan tubuh, dan kosmetika untuk perawatan kecantikan.

Berikut manfaaat jahe. Jahe yang dimaksud di sini yakni jahe merah. Jahe merah bermanfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini agar tubuh tubuh tetap fit. Ekstrak jahe merah dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat.

Bahan jamu empon-empon

Manfaat Empon-empon

Temulawak. Manfaat temulawak yakni salah satunya untuk menjaga kebugaran. Bahkan mantan Menteri Kesehatan Nila Moeloek rajin minum jamu temulawak sebagai caranya untuk menjaga kebugaran di tengah kesibukan. Kebiasaan minum jamu temulawak tersebut dikatakan Menkes Nila sudah dilakukannya sejak lama dan hal ini ia terapkan juga untuk seluruh jajaran di Kementerian Kesehatan.

Kunyit. Manfaat kunyit yakni antioksidan, antitumor, dan antikanker. Sebab senyawa yang terkandung dalam kunyit yaitu kurkuminoid dan minyak atsiri mempunyai peranan dalam pemanfaatan kunyit. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal senyawa-senyawa radikal bebas.

Senyawa kurkuminoid dalam rimpang kunyit memiliki sifat sitotoksik yang dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker dan dapat mengurangi dan menghilangkan bau, rasa gatal, dan mengurangi ukuran luka dari kanker. Oleh karena itu, kunyit memungkinkan untuk digunakan sebagai antiradang yang berguna dalam terapi pengobatan kanker dan tumor.

Kencur. Manfaat kencur salah satunya mengobati batuk. Sebab kencur mengandung zat yang juga terkandung dalam jahe dan kunyit. Kencur dapat menjadi obat tradisional untuk atasi batuk berdahak, membuat pernapasan lebih lega, dan membantu proses penyembuhan batuk yang optimal. Kencur juga sering dimanfaatkan untuk suara para penyanyi. Kencur disebut dapat membantu menjaga pita suara sehingga tenggorokan terasa lega.

Sereh. Salah satu manfaat sereh yakni menurunkan demam. Kandungan sereh juga bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh.

Cara membuat empon-empon sebagai berikut :

Bahan:

  1. 3 ruas kunyit
  2. 8 cm temulawak
  3. 2 ruas jahe merah ukuran sedang
  4. 5 lbr serai
  5. 700 ml air putih
  6. 2 btg kayu manis
  7. Gula aren secukupnya

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Kupas semua bahan dan bersihkan dengan air mengalir. Iris kunyit, temulawak, dan jahe merah dengan ukuran secukupnya.
  2. Kemudian geprek serai yang sudah disiapkan, sambil memasak air hingga matang.
  3. Masukkan bahan yang sudah dipotong dan digeprek ke dalam air. Tambahkan kayu manis.
  4. Jika sudah mendidih, matikan api dan saring air, lalu tuangkan ke gelas yang sudah disiapkan.
  5. Masukkan gula aren sesuai selera ke gelas yang berisi air rendaman empon-empon tadi.
  6. Jamu empon-empon siap diseduh.

Gimana, mudah kan resep minuman sehat ini? Eits, selain meminum jamu ini, harus juga diimbangi  dengan istirahat yang cukup, Selamat mencoba resep minuman di atas. (BB-IS-DTC)