Meski Tetap di Rumah, Tapi Bentuk Tubuh Jangan Berubah, Ini Tips-nya

Berat Badan
ILustrasi: Berat Badan

BERITABETA.COM – Kebijakan pemerintah yang mewajibkan pembatasan beraktivitas di luar rumah atau ‘physical distancing, dan memberlakukan ‘work from home’ telah membawa dampak yang cukup besar dirasakan.

Salah satunya berkurangnya aktivitas, sehingga memicu pola kosumsi atau asupan makanan setiap orang. Kalau sudah begini, pastinya ikut berpengaruh dengan bentuk tubuh, karena bertambahnya kalori tidak sebanding dengan kalori yang terbakar. Untuk itu, beberapa hal penting berikut perlu diperhatikan saat bekerja di rumah agar berat badanmu tidak meningkat.

1. Pola Tidur yang Baik

Meski berada di rumah, bukan berati kamu harus mengisi waktu dengan tidur yang banyak. Kamu tetap harus membuat jadwal tidur supaya istirahatmu menjadi berkualitas. Membuat jadwal tidur juga akan membuat tubuh terbiasa dengan durasi tidur yang sesuai. Tidur selama 6 hingga 8 jam sehari akan baik baik tubuhmu dan menghindarkanmu dari penumpukan lemak di perut.

2. Pilih Camilan yang Bergizi

Camilan merupakan item wajib yang harus disiapkan kala bersantai di rumah. Pilihlah camilan bergizi yang memiliki kandungan kalori rendah. Kamu bisa memilih buah-buahan seperti apel dan alpukat yang bisa menjaga berat badan. Selain itu memakan satu butir telur saat pagi dan malam juga efektif menjaga berat badan.

3. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat kalori dan lemak meningkat dalam tubuh. Asupan gula yang ideal menurut WHO adalah 4-6 sendok per hari. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang rendah gula seperti smoothies, yogurt atau cokelat.

4. Makanlah Dalam Porsi Kecil

Salah satu cara paling efektif menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal adalah dengan menjaga porsi makan. Selama karantina, stok makanan di rumah jadi lebih banyak dan beragam. Boleh mencicipi berbagai macam jenis makanan yang tersedia di rumah, hanya saja, pastikan agar porsinya jangan berlebihan dan makanan yang kamu makan mengandung gizi.

BACA JUGA:  Mulai Besok ASN Pemprov Maluku Kerja Dari Rumah

Gunakan piring kecil untuk mengambil makanan yang kamu inginkan sehingga kamu juga dapat menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

5. Makan Sayur dan Buah

Ini yang paling penting! Pastikan untuk selalu menyantap sayur dan buah dan menjadikan keduanya menu pasti dalam piringmu setiap hari. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi serat sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama, dan sehat pastinya.

Semakin beragam buah dan sayuran yang kamu konsumsi, berarti kamu juga meminimalisir risiko kegemukan dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung atau diabetes. Pentingnya lagi, ini akan membuat kekebalan tubuhmu jadi lebih baik sehingga bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

6. Tetap Bergerak Aktif

Di rumah aja bukan artinya bisa rebahan sepanjang hari dan bermalas-malasan kan? Toh, kamu tetap harus beraktivitas seperti biasa seperti belajar dan bekerja. Bedanya, sekarang semuanya harus dilakukan dari rumah. Masalahnya, rutinitas yang biasanya bikin tubuh sering bergerak sekarang pasti jadi berkurang drastis dan bisa-bisa ini bikin tubuhmu jadi nggak sehat.

Cobalah untuk tetap berolahraga ringan seperti jogging di komplek rumah (tapi pastikan untuk tetap physical distancing dan nggak menyentuh apapun selama jogging) workout di rumah ataupun yoga. Nggak perlu olahraga berat, cukup bergerak ringan meski hanya dilakukan selama 15-30 menit akan membantumu menjaga kebugaran selama swa-karantina di rumah aja.

7. Cukup Minum Air Putih

Pastikan untuk lebih sering minum air putih ya selama di rumah aja. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar sel dan jaringan tubuh tetap bekerja optimal. Minum air putih juga menghindarkan kamu dari dehidrasi dan membantu memulihkan tenaga dari kelelahan. Untuk itu, pastikan kebutuhan air putih tercukupi setiap harinya (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire