Mengungkap Fakta, Benarkah Mengunyah Daun Sirih Bisa Cagah Covid-19?

Daun Sirih

BERITABETA.COM  – Menyebarnya coronavirus disease (Covid-19) telah memicu berbagai pihak untuk mencari solusi pengobatan terkait serangan virus mematikan ini. Sebuah informasi beredar memberi pesan bahwa mengunyah daun sirih setiap hari dapat mencegah seseorang terpapar coronavirus (Covid-19).

Disebutkan pula kabar itu diklaim berasal dari seorang dokter di Singapura yang berisi mengunyah dauh sirih setidaknya satu kali sehari, terutama pada pagi hari, dapat menangkal virus penyebab virus corona karena daun sirih mengandung antiseptik.

Kandungan antiseptik dalam daun sirih itu bermanfaat untuk membersihkan tenggorokan sebagai lokasi pertama serangan virus penyebab Covid-19.

Sumber : www.kominfo.go.id

Benarkah daun sirih dapat menangkal coronavirus dengan cara dikunyah?

Dikutip dari Antara, Minggu, 29 Maret 2020, Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) Prof. Dr. Arif Sumantri mengatakan daun sirih memiliki fungsi sebagai antiseptik alami untuk membunuh mikrobakteri jahat, termasuk juga virus 2019-nCoV, penyebab penyakit Covid-19.

Kendati demikian, dia menjelaskan penggunaan daun sirih sebagai antiseptik pencuci tangan perlu memerhatikan ukuran, dosis dan konsentrasi secara tepat, sehingga tidak menimbulkan resistensi.

Arif Sumantri mengatakan tidak ada pemanfaatan daun sirih untuk mencegah virus penyebab Covid-19 di tenggorokan dengan cara dikunyah.

Manfaat antiseptik dalam daun sirih untuk tenggorokan belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Akan tetapi, antiseptik dalam daun sirih dapat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan tangan.

Di sisi lain, konsumsi daun sirih secara intensif mempunyai efek samping apabila tidak sesuai takaran, terutama bagi kesehatan mulut dan gigi.

Disadur dari Hellosehat.com, disebutkan bahwa menyirih dapat menyebabkan kanker mulut, luka pada rongga mulut, dan gangguan janin apabila dikonsumsi secara intensif.

Semnetara fakta lain yang dilansir dari Medcom.id, klaim bahwa mengunyah daun sirih bisa menjadi antiseptik untuk mencegah terjangkit dari Covid-19, tidak berdasar. Sebab, hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan mengunyah daun sirih dapat mencegah virus penyebab Covid-19.

BACA JUGA:  Di Malteng, Sebelum 'Ngurus' Dokumen Kependudukan Wajib Dicek Suhu Tubuh

Sejauh ini dinyatakan daun sirih merah dapat digunakan menjadi antiseptik dalam hal mencuci tangan. Hanya saja, perlu dianalisis apakah bakteri yang tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire