BERITABETA.COM  – Serai memiliki aroma lemon tetapi rasanya lebih lembut dan lebih manis. Tak hanya digunakan sebagai rempah-rempah dalam memasak, serai juga bisa membuat minuman dari serai, yaitu teh serai.

Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Teh serai tidak hanya membuat badan merasa enak dari dalam. Moms dapat memotong serai, memasukkannya ke dalam air mendidih, dan biarkan  selama 10-15 menit.

Cara lain, bisa mencelupkan kantong teh dengan serai kering agar lebih mudah. Ahli gizi berbasis di Bangalore, Dr. Anju Sood, berbagi manfaat minum teh serai secara teratur.

1. Baik untuk Pencernaan

Serai memiliki zat yang membantu menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Serai mengandung komponen yang disebut citral yang membantu mencerna makanan. Karena itu, kebanyakan disajikan setelah makan malam.

Serai telah digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina. Seperti masalah kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.

2. Penuh Antioksidan

Teh serai adalah teh detoksifikasi yang dikemas dengan antioksidan. Ini dapat membantu dalam detoksifikasi dan pembersihan tubuh dari dalam. Ini membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.

3. Mengatur Tekanan Darah Tinggi

Serai adalah formula alami untuk menjinakkan tekanan darah tinggi. Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh, yang pada gilirannya merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, minuman ini juga membantu dalam memurnikan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Teh serai adalah pilihan yang bagus untuk rencana diet penurunan berat badan.

Ini karena membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

5. Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut

Serai adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus. Ini merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, ini membersihkan kulit, merawat tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati erupsi seperti jerawat dan eksim.

6. Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Kandungan vitamin C dapat memperkuat kekebalan tubuh. Rebus beberapa serai segar bersama dengan beberapa cengkeh, sejumput kunyit dan daun teh. Ramuan sederhana ini efektif untuk memecah lendir dan pembentukan dahak. Campuran serai, daun tulsi, dan kapulaga yang panas juga merupakan obat Ayurvedic yang umum untuk flu.

7. Meredakan Nyeri Haid

Teh serai dianggap sangat baik untuk kesehatan perempuan. Ini membantu mengurangi nyeri haid karena efeknya yang menenangkan. Teh serai dikenal dapat menurunkan kadar gula darah. Karena itu, penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter mengenai konsumsinya.

Demikian bagi ibu hamil atau menyusui disarankan untuk menghindari serai karena cara kerja senyawa kimia tertentu (BB)