BERITABETA.COM – Dikenal memiliki banyak kandungan alami untuk tubuh dan ramah tanpa efek samping ketika pemakaian, Virgin Coconut Oil (VCO) seketika menjelma menjadi primadona baru di dunia kesehatan dan kecantikan di Indonesia bahkan di dunia.

Banyak negara mulai ikut memproduksi secara besar-besaran jenis minyak ini untuk mencukupi kebutuhan dan keinginan pasar.  Kegunaan VCO sering dibilang “ajaib”  sehingga banyak dicari masyarakat.

Pada dasarnya, cara pembuatan VCO tak berbeda jauh dengan cara pembuatan minyak kelapa sawit, minyak sayur, atau minyak palem (palma) yaitu memeras atau mengekstraksi buah kelapa hingga ke tetesan terakhir minyak yang dihasilkan.

Perbedaannya terletak pada metode ekstraksi VCO yang diproses dengan tehnik cold-pressed tanpa melibatkan adanya panas, baik panas dari kompor ataupun panas matahari. Proses ini menghasilkan varian terbaik dari minyak kelapa untuk kesehatan Anda. Namun, perlu dicatat bahwa tidak semua VCO dibuat dengan menggunakan teknik ini.

VCO juga dipercaya memiliki kandungan medium-chain triglycerides (MCT) yang dipercaya dapat memicu “kolesterol baik” sehingga baik untuk jantung. Lalu, apa saja kegunaan VCO?

Pengganti Minyak Kelapa Sawit

Terdapat banyak penelitian yang menyebutkan bahwa minyak kelapa sawit atau minyak palem banyak mengandung lemak trans (trans fat) yang dikenal berbahaya karena mampu menyebabkan penyumbatan saluran darah dan munculnya penyakit jantung dan hati.

Untuk itu, kehadiran VCO sebagai bahan memasak bisa menjadi pengganti yang tepat karena VCO mengandung 0% lemak trans (trans fat) dan kaya akan asam lemak jenuh (fatty acids saturated fat). Asam lemak jenuh dikenal mampu meningkatkan kerja organ pencernaan dan membantu penyembuhan penyakit otak seperti epilepsi dan alzhemeir. 

Seperti yang dilansir oleh Body and Soul, butter bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang memicu timbulnya penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Kandungan Asam Lemak Omega 3 (omega 3 fatty acid) di dalam VCO membantu mencegah penyumbatan pembuluh darah (penyebab stroke) dan membantu menyehatkan kualitas organ-organ penting di dalam tubuh Anda.

Produk Kecantikan

VCO juga dikenal dapat mempercantik dan melembabkan kulit tubuh. Kandungan alami VCO seperti triglyceridesdan omega 3 bisa memberikan kelembaban yang tahan lama pada kulit. Kita juga bisa menggunakan VCO sebagai minyak pijat, make-up remover, mengurangi kerutan di wajah, mencegah bakteri dan jamur di kulit, dan body scrub alami.

Sebagai evening oil, usapkan perlahan ke seluruh bagian wajah secara merata ssebelum tidur dan rasakan kulit sehat dan kencang keesokan harinya.  Sebagai minyak pijat, balurkan pada tubuh saat dipijat. Anda juga bisa menambahkan essential oil jika menginginkan aroma tertentu.   Sebagai make-up remover, tuang beberapa tetes VCO pada kapas dan usapkan perlahan pada wajah. Ulangi prose ini sampai make-up di wajah hilang seluruhnya.

Untuk menghilangkan kerutan, ganti serum anti-aging Anda dengan VCO. Caranya, teteskan 3-4 tetes VCO ke telapak tangan, gesek kedua telapak tangan hingga hangat, dan tempelkan ke wajah sambil dipijat perlahan.  Sebagai body scrub, campurkan VCO dengan gula merah, garam, dan aduk merata. Gosokkan perlahan-lahan di bagian tubuh yang Anda inginkan.  

Rambut Sehat Alami dan Berkilau

Gunakan VCO untuk melembabkan rambut dan kulit kepala, mencegah ketombe, menguatkan akar rambut, dan membuat rambut berkilau. Hasil riset Journal of Cosmetic Science menyebutkan bahwa VCO mampu menggantikan protein yang hilang di dalam rambut. Protein yang hilang membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok.

Selain itu, kandungan Omega 3 dalam VCO dapat membantu pertumbuhan rambut dengan lebih cepat, melembabkan kulit kepala, dan menguatkan akar rambut. Sebagai pelembab rambut, tuang 1 sendok teh (untuk rambut pendek), atau 2 sendok teh  (untuk rambut sebahu), atau 1 sendok makan (untuk rambut panjang) ke telapak tangan Anda.

Usapkan perlahan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutup rambut dengan shower cap dan diamkan selama 1-2 jam. Setelahnya, bilas dengan shampoo. Untuk menumbuhkan rambut, pijat kulit kepala secara merata dengan 1 sendok teh VCO selama 10 menit. Lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Untuk melawan ketombe, campur Virgin Coconut Oil dengan essential oil dan balurkan ke kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan shampoo.

Diet Aman dengan VCO

Satu manfaat lainnya dari VCO adalah membantu program diet atau penurunan berat badan Anda. VCO merupakan salah satu menu wajib pelaku diet Ketogenic. VCO dipercaya dapat membantu memaksimalkan penyerapan energi di dalam tubuh dan membantu membakar lemak lebih banyak. (BB-DIO)