Ragam Khasiat Daun Jarak untuk Pengobatan  

Daun Jarak

BERITABETA.COM – Tanaman Jarak sudah tak asing lagi bagi semua orang. Tanaman ini merupakan  tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai. Mengapa Jarak diberi nama ‘Ricinus Communis’ karena, pada bagian biji buah jarak memiliki zat Ricin, yaitu sejenis zat beracun yang mematikan. Jarak merupakan salah satu tanaman perdu, memiliki daun berjari antara 7 -9 , berdiameter 10-14 cm.

Daun jarak tumbuh berseling, berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing, daun jarak pada bagian atas berwarna hijau tua, dan pada bagian bawah berwarna hijau muda, sedangkan batangnya berbentuk bulat dan licin, berongga, berbuku-buku, dan buahnya berbentuk bulat tumbuh dibagian tandan.

Manfaat daun jarak memang sudah sangat lazim digunakan orang sebagai tanaman herbal. Maka dari itu, tanaman yang dikenal sebagai apotik hidup itu, banyak yang mencari karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kini manfaat daun jarak bagi manusia sudah banyak diketahui. Ragam khasiat itu misalnya untuk mengobati :

1. Mengatasi Susah Buang Air Besar

Daun Jarak yang masih segar, kemudian kukus dan dapat dimakan sebagai lalapan pada makanan anda. Hal ini sangat efektif untuk melancarkan BAB.

2. Menurunkan Panas Pada Bayi

Dua sampai tiga helai daun jarak yang sudah bersih. kemudian olesi minyak makan yang masih baru. Panaskan daun diatas api kompor selama dua menit sampai panas terasa merata. Kemudian letakkan daun pada perut dan punggung bayi atau agar tidak mudah lepas, dapat dipasangkan dalam gurita bayi

3. Mengobati Kurap

Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.

BACA JUGA:  Sukar Disembuhkan, Kenali Peyebab Penyakit Kaki Gajah

4. Mengobati Jerawat

Daun jarak bukan hanya bisa mengobati penyakit tetapi dapat menyembuhkan jerawat yang membandel di wajah anda. Ambil satu helai daun jarak lalu cuci bersih dengan air, siapkan air hangat di dalam mangkuk lalu masukan daun jarak yang telah di cuci bersih dan masukan garam dapur.

Diamkan selama satu jam setelah air telah dingin, lalu usapkan daun jarak pada wajah anda secara menyeluruh. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air. Lakukan prosedur ini setiap hari sebelum tidur.

5. Mengobati Luka Sariawan

Getah jarak pagar dapat digunakan sebagai obat luka sariawan, caranya ambil getah jarak dengan kapas, kemudian tempelkan ke bagian mulut yang terkena sariawan, gunakan secara rutin sehingga sariawan akan segera sembuh.

6. Mengobati Sakit Gigi

Gigi yang berlubang akan mudah dimasuki oleh bakteri, yang menyebabkan rasa sakit, untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, dapat menggunakan getah jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit, getah jarak dapat mengobati sakit gigi karena, getah jarak mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.

7. Mengobati Sakit Luka

Getah jarak yang memiliki zat antimikroba dapat membuat luka cepat kering, dengan meneteskan getahnya menggunakan kapas, dan diamkan beberapa saat maka, luka tersebut akan cepat kering.

8. Mengobati Keputihan pada Mulut Bayi

Keputihan yang dialami bayi biasanya diakibatkan karena bakteri candida yang menempel di puting susu sang ibu, yang kemudian ketika menyusui bayinya akan menempel dan berkembang biak, mengakibatkan mulut bayi mengalami keputihan. Untuk mengatasinya ambil batang jarak yang masih segar kemudian ambil getahnya dan teteskan pada mulut bayi.

BACA JUGA:  Manfaat Undur-undur untuk Kesehatan

9. Mengobati Radang Telinga

Untuk mengobati sakit pada telinga yang diakibatkan karena influensa, dapat menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak. Dengan mengambil getahnya sebanyak satu sendok makan dan teteskan sebanyak 6 kali, diamkan beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan kapas secara perlahan. (BB-DDB)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire