BERITABETA.COM –  Teripang adalah hewan laut bertubuh panjang yang habitatnya berada di terumbu karang atau ekosistem lamun. Sejumlah penelitian mengungkapkan, teripang atau kerap disebut timun laut ini, ternyata mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin B1, B2, B3 dan Vitamin A.

Selain itu, masih ada berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, seng, dan magnesium. Kandungan ini memungkinkan teripang menjadi sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Melihat banyaknya kandungan gizi di dalamnya, apa sajakah manfaat teripang yang bisa didapatkan oleh tubuh?

Dari hasil penelitian para ilmuwan, teripang dianggap memiliki kandungan Cell Growth Factor atau faktor generasi sel. Karena itu, teripang mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak untuk menjadi normal kembali.

Misalnya pada kasus diabetes melitus, selain diminum teripang juga dapat dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan yang nyaris diamputasi. Ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada pada teripang mampu bekerja dengan baik sehingga luka dapat pulih kembali dengan cepat.

Senada dengan hal ini, menurut Dr. Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 86 % baik untuk diberikan pada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin pun meningkat.

Tentang khasiat teripang untuk penyembuhan penyakit jantung, hal itu dikemukakan oleh dua orang peneliti yaitu Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripan stichopus chloronotus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi yaitu 3,69 %.