Ragam Manfaat Aloe Vera untuk Peremajaan Kulit

Aloe Vera
Aloe Vera

BERITABETA.COM – Sebagian besar orang di dunia sudah tak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Aloe Vera atau kerap disebut lidah buaya memang bukan tanaman jenis baru dikenal. Khasiatnya untuk kulit sudah sejak lama digunakan. Dalam catatan sejarah disebutkan, lidah buaya sudah digunakan dalam berbagai ilmu pengobatan tradisional untuk mengobati kulit.

Bahkan disebutkan, penggunaan lidah buaya terdapat di Papirus Ebers dari Mesir abad ke-16 SM. Pada abad ke-1 M, penggunaannya dicatat dalam De Materia Medica karya tabib Yunani Pedanius Dioskorides, dan Naturalis Historia karya penulis Romawi Plinius Tua.

Dikutip pada catatan wikipedia.org di Bizantium abad ke-6 M, penggunaan tanaman ini dicatat dalam Juliana Anicia Codex. Dalam pengobatan Ayurweda tumbuhan ini disebut kathalai (sama dengan tumbuhan agave).

Setelah perkembangan zaman makin maju, lidah buaya digunakan dalam produk tisu wajah dan dipromosikan sebagai pelembap dan anti-radang untuk hidung. Perusahaan-perusahaan kosmetik menambahkan getah lidah buaya atau bahan-bahan turunan lainnya dalam produk-produk seperti makeup, tisu, pelembap, sabun, tabir surya, krim cukur, dan sampo.

Sebuah tinjauan akademis menunjukkan bahwa bahan-bahan lidah buaya ditambahkan karena efeknya sebagai pelembap dan pelunak.

Imuwan dari Baylor College of Medicine, Texas, USA, mengatakan aloe vera memiliki banyak manfaat mengagumkan untuk kulit. Aloe vera memiliki banyak kegunaan. Tanaman ini mengandung antioksidan, enzim, vitamin A dan C, dan tinggi senyawa anti-inflamasi (anti peradangan).

Bahkan yang menggembirakan, menurut para ilmuwan, aloe vera sangat efektif merawat jerawat, luka bakar, dan kulit kering. Hal ini dikarenakan, tanaman aloe vera mengandung enzim untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit yang muda dan lebih halus.

“Enzim di dalam aloe vera dapat membantu eksfoliasi kulit agar muka lebih halus. Tetapi, jika Anda tidak ingin repot sebaiknya pakai produk perawatan wajah dengan kombinasi aloe vera,” kata Kim Chang, salah satu staf ahli di Baylor College of Medicine.

BACA JUGA:  Mengenal Gejala dan Kiat Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona

Tak cukup itu, dengan rutin menggunakan produk perawatan wajah mengandung aloe vera, kulit akan terasa lebih lembab, kenyal, dan glowing.

Manfaat Lain Aloe Vera

Sangat penting menemukan produk perawatan wajah yang cocok untuk tipe kulitmu. Sebab, setiap jenis kulit membutuhkan treatment yang tepat. Itulah mengapa, ahli kecantikan merekomendasikan agar memilih jenis produk perawatan wajah dari bahan herbal dan alami agar lebih aman dipakai setiap hari.

Lebih lanjut, menurut para ahli kecantikan dari Baylor Aesthetics, manfaat lain dari lidah buaya adalah dapat mencegah munculnya garis-garis halus atau kerutan yang lebih dalam di masa depan.

Hal ini seperti dikutip dari laman Medical News Today, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa gel lidah buaya dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Dalam penelitian tahun 2009 terhadap 30 wanita di atas usia 45 tahun, menggunakan gel lidah buaya dapat menutrisi kulit dan meningkatkan elastisitas kulit selama periode 90 hari.

Ulasan tersebut juga menunjukkan bahwa aloe vera dapat membantu kulit mempertahankan kelembaban dan meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga, dapat mengatasi kondisi kulit kering agar tetap lembab dan terhidrasi. Umumnya, wanita sangat menjaga kecantikan dan keindahan kulitnya.

Beberapa manfaat yang dirasakan seperti berikut ini :

1. Melembabkan dan Menyembuhkan Kulit yang Bersisik

Lidah buaya dikenal sebagai pelembab alami. Gel dari lidah buaya memiliki sifat untuk menghidrasi dan melembabkan sampai ke dalam kulit seperti sulap. Bahkan untuk kulit berminyak dan rawan memiliki jerawat, lidah buaya bisa dijadikan sebagai pelembab yang sangat baik karena teksturnya yang ringan dan memiliki kadar air sebanyak 99%.

2. Menenangkan Kulit yang Iritasi

Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan yang bisa menenangkan kulit yang teriritasi. Iritasi ini biasanya terjadi karena sengatan matahari, ruam, infeksi, kemerahan dan gatal. Lidah buaya bisa menangani masalah peradangan kulit yang terasa panas seperti mendidih. Tidak heran, lidah buaya adalah perawatan kulit musim panas yang harus dimiliki.

BACA JUGA:  Air Guraka, Minuman Idola di Musim Wabah Corona, Apa Manfaatnya?

3. Menunda Tanda Penuaan pada Kulit

Seiring bertambahnya usia kulit Anda, kulit akan kehilangan elastisitas pada garis senyum serta terasa lebih kendor. Beberapa tanda penuaan menjadi semakin terlihat di wajah. Gel lidah buaya dapat membantu Anda untuk mengatasinya. Gel akan membantu kulit Anda untuk mempertahankan kelembabannya dan mengembalikan kilauannya.

Tidak hanya mengurangi garis kerutan pada wajah, tetapi juga mencegah penuaan dini pada kulit dengan cara meningkatkan elastisitas kulit serta memperbaiki sel-sel kulit.

4. Menghilangkan Jerawat dan Memudarkan Bekas Jerawat

Gel lidah budaya memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi, maka dari itu – lidah buaya dapat membantu kemunculan jerawat. Gel dari lidah buaya bisa mempercepat proses penyembuhan. Dengan memberikan sedikit gel lidah buaya pada jerawat, wajah Anda akan kembali lagi seperti semula dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, gel ini juga menghilangkan bekas jerawat yang tinggalkan oleh jerawat.

5. Menghilangkan Mata Panda

Anda bisa memercayai lidah buaya untuk menyingkirkan lingkaran hitam yang berada di bawah mata Anda. Gel lidah buaya memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang bisa meringankan perubahan warna di sekitar mata Anda. Gel ini juga bisa meredakan mata yang bengkak. Dengan mengoleskan gel lidah buaya di sekitar mata Anda setiap malam hari, maka gel ini akan memudarkan lingkaran hitam Anda (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire