Sembuh dari Covid-19, Ini Testimoni Rektor IPB Soal Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

BERITABETA.COM – Minyak kayu putih (Melaleuca leucadendra) belakangan ini makin laris manis di pasaran. Keberadaannya yang diyakini mampu menangkal Coronavoirus Disease (Covid-19) membuat sejumlah pihak mengandalkannya menjadi alternatif pencegahan terhadap penyakit mematikan ini.

Fakta dari khasiat Minyak kayu putih ini juga diungkap oleh Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria Dalam sebuah testimoni yang disampaikan kepada media massa.

Arif  baru saja sembuh dari Covid-19, usai menjalani perawatan selama 14 hari, Rektor IPB akhirnya dinyatakan sembuh dari infeksi Covid-19.

Arif Sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di Rumah Sakit EMC Sentul Bogor. Arif Satria merupakan satu di antara penyintas atau survivor dari Covid-19.

Selama menjalani perawatan sebagai pasien di rumah sakit, Arif mengaku banyak mendapat masukan dari rekan-rekan alumnus IPB hingga penyintas Covid-19 lainnya.

Salah satu tips yang diberikan kepada Arif dan dilakukannya adalah menghirup air rebusan minyak kayu putih.

“Iya (banyak yang kasih tips), tolong jangan lupa kayu putih harus direndam pakai air kemudian uapnya dihirup, saya lakukan. Kemudian banyak-banyak makan telur, susu, supaya sehat,” ujar Arif, dalam diskusi Populi Center dan Smart FM Network bertajuk ‘Covid-19: Suara Penyintas’, Sabtu (26/9/2020).

Seperti dikutip beritabeta.com dari Grid.id, Arif mengaku tak hanya itu, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin juga harus terus dilakukan. Selain itu, kondisi psikologis dari pasien harus dijaga untuk tetap bahagia.

Dengan begitu imunitas pasien pun meningkat dan mempercepat penyembuhan.

Oleh karena itu, Arif menyarankan agar pasien Covid-19 melakukan hobi atau aktivitas yang mereka senangi.

Dia mencontohkan misalnya dengan membaca Al-Quran, berdoa hingga mendengarkan musik.

“Ketenangan itu penting menurut saya. Ketenangan juga penting, hobi kita apa? saya buat lagu dengerin musik, itu penting. Kemudian dengerin murotal, ngaji, pas lagi siang dengerin musik,” ujarnya.

BACA JUGA:  Plasma Darah Jadi Solusi Sembuhkan Pasien Covid-19, Ampuhkah?

Arif juga menegaskan para pasien harus bisa tetap berpikiran positif, ikhlas serta mencari dan melakukan hal-hal yang membuat semangat.

“Mau tak mau pada akhirnya ini ketahanan spiritual, yang penting ini ikhlas dulu, pengalaman spiritual ini yang saya tulis puisi saya musikalisasi saya kirim ke tim untuk dinyanyikan,” jelasnya.

“Saya bikin lagu, kemudian itu saya puter-puter terus bikin senang kan. Itu suara hati saya, cukup gambari suasana spiritual itu, ini cobaan, harus kita relakan, ini dari Allah, cara Ia ingatkan kita,” tandas Arif.

Khasiat Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan minyak esensial yang dibuat dari penyulingan daun kayu putih. Minyak kayu putih memiliki kandungan sineol sekitar 65 persen.

Sineol inilah yang memberikan sensasi hangat dan menenangkan dari minyak kayu putih. Tak heran jika kemudian banyak yang memanfaatkan minyak kayu putih bagi kesehatan.

Selain menghangatkan, kandungan sineol dalam minyak kayu putih juga memiliki kemampuan antiradang dan antioksidan. Hal inilah yang membuat manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan bisa atasi masalah pernapasan. Masalah pernapasan ini meliputi asma dan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri asli Indonesia yang memiliki kandungan senyawa sineol cukup tinggi. Tak hanya sineol, terdapat pula kandungan eucalyptus dalam minyak kayu putih ini.

Eucalyptus memiliki sifat antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba. Hal inilah yang menjadikan manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan semakin patut diandalkan (BB-DIP)

 

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire