Sering Minum Es Teh Manis? Waspada Resiko yang Ditimbulkan 

Es Teh Manis
Es Teh Manis

BERITABETA.COM – Es teh menis sering menjadi minuman idola di tengah cuaca panas. Semua orang pasti suka es teh manis, pas lagi makan nasi dan bahkan diminum untuk menghilangkan rasa dahaga. Namun, di balik kesegaran es teh manis kita harus berhati-hati. Apalagi sudah menjadi kebiasaan. Ada bahaya yang mengancam tubuh, bila sering diminum.

Pada dasarnya, mengonsumsi apa pun secara berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan, termasuk es teh manis. Apalagi jika dibarengi dengan pola hidup tidak sehat, seperti merokok atau jarang berolahraga, bisa memicu penyakit yang membahayakan tubuh.

Bahaya terlalu banyak mengonsumsi es teh manis para ahli kesehatan mengatakan bahwa es teh manis berpotensi menyebabkan kerusakan pada tubuh karena gula yang dikandungnya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini bahkan dapat menyebabkan banyak penyakit.

Berikut ada beberapa bahaya terlalu banyak mengonsumsi es teh manis yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1.Menyebabkan Gagal Ginjal

Seorang dokter di University of Utah Health Care mengungkapkan bahwa es teh manis penuh dengan asam oksalat, yang apabila diminum secara berlebihan, dapat menumpuk di ginjal dan mengganggu fungsinya untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

2.Meningkatkan Risiko Diabetes

Sebagian orang sering kali menambahkan begitu banyak gula ke dalam es teh mereka. Padahal, satu gelas es teh manis dapat mengandung sekitar 33 gram gula. Konsumsi gula secara berlebihan dapat memicu risiko diabetes. Namun, kita tidak perlu khawatir karena gula bisa diganti dengan pemanis alam yang lebih aman dikonsumsi.

3. Obesitas

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, lebih baik hindari konsumsi es teh manis terlalu sering karena segelas es teh manis mengandung sekitar 250 kalori. Jika kamu terlalu sering meminumnya, obesitas mungkin saja bisa terjadi dan usaha menurunkan berat badan tentunya akan terganggu.

BACA JUGA:  Diet Telur, Solusi Sehat Turunkan Berat Badan

4. Memicu Risiko Terkena Stroke

Risiko terkena stroke juga meningkat ketika kita mengonsumsi es teh manis secara berlebih. Kandungan gula dapat menyebabkan kadar trigliserida menjadi lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan stroke.

5.Memperburuk Sistem Kardiovaskular

Segelas es teh manis juga mengandung sekitar 47 mg kafein. Ketika dikonsumsi berlebihan, kafein dapat memiliki efek negatif pada sistem kardiovaskular, bahkan bisa membuat kamu merasa gemetar dan gelisah.

Terlepas dari bahaya yang telah dijelaskan diatas, mengonsumsi es teh manis ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Namun, dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebih dan menggunakan pemanis alami.

1. Membuat Tetap Terhidrasi

Hidrasi sangat penting bagi tubuh. Ketika kita terhidrasi dengan baik, tubuh akan mendapatkan jumlah air yang dibutuhkan. Es teh bisa menjadi sumber yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Harvard T.H. Chan School of Public Health bahkan mengungkapkan bahwa teh menempati urutan kedua sebagai sumber hidrasi tubuh terbaik setelah air putih.

2. Mengurangi Nyeri pada Tubuh

Nyeri tubuh adalah masalah umum bagi orang-orang yang biasa berolahraga. Salah satu manfaat es teh dapat menghilangkan masalah tersebut karena teh mengandung antiperadangan, yang dapat meredakan nyeri. Teh dapat mengurangi rasa nyeri di otot yang terlalu sering digunakan. Hasilnya, kita bisa merasa rileks setelah minum segelas es teh manis setelah berolahraga.

3. Mencegah penyakit jantung

Minum es teh manis dapat membantu mencegah penyakit jantung dalam beberapa cara. Mengonsumsi teh hitam berkhasiat dalam membantu mencegah pengerasan pembuluh darah, serta menurunkan risiko serangan jantung.

Manfaat ini berasal dari sifat antiperadangan yang dimiliki antioksidan dalam teh. Dalam sebuah penelitian di tahun 2012, para peneliti mencatat bahwa teh hitam dan hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke hingga 10-20 persen.

BACA JUGA:  Cegah Menopause Dini, Tips ini Perempuan Wajib Tahu

4. Membantu meningkatkan konsentrasi Es teh manis mengandung kafein yang dapat meningkatkan kinerja fokus jika dikonsumsi dalam porsi yang wajar. Hal tersebut membuat kita tetap fokus di siang hari dan melakukan tugas-tugas lebih efisien, bahkan jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk istirahat.

Efek stimulasi ringan dalam teh dapat meningkatkan kemampuan untuk memproses informasi, seperti belajar dan menghafal. Es teh manis kerap dijadikan pilihan untuk melepas dahaga atau setelah makan. Agar lebih sehat, kamu dapat mengganti gula dalam es teh manis dengan pemanis alami atau tidak memberikan gula sama sekali (BB-DIP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire