Suka Durian? Waspada Bahaya Di Balik Lezatnya Raja Buah Ini

Daging Buah Durian yang Memikat

BERITABETA.COM – Musim durian telah tiba. Buah lezat ini banyak peminatnya. Rasa dan baunya yang menggoda kerap menjadi incaran penggemarnya.  Durian memang buah yang sangat populer di kawasan Asia Tenggara, terutama di Indonesia. Durian juga dikenal dengan julukan raja buah.

Di balik duri-durinya yang sangat tajam pada bagian kulit, durian tetap memikat para pecintanya. Selain lezat dengan aromanya yang memikat durian juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu, saran porsi penyajian durian bagi orang dewasa pada umumnya adalah 100-200 gram per satu kali makan.

Sebagai perbandingan, berat satu biji buah durian (hanya satu bijiya, bukan satu durian utuh) kurang lebih sekitar 40 gram. Dalam 100 gram buah durian terkandung hampir 150 kalori, yang berasal dari 5,3 gram lemak, 98 gram karbohidrat, dan 5 gram protein.

Total kalori dari 100 gram buah durian ini cukup untuk memenuhi 7 persen kebutuhan kalori kita dalam sehari. Makan satu porsi durian akan menyediakan 33 persen asupan vitamin C dan 25 persen tiamin yang kita butuhkan setiap hari.

Durian juga merupakan sumber vitamin B-6 dan kalium yang baik, mengandung 16 persen B-6 dan 12 persen kalium yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Kita juga akan mendapatkan sekitar 12 persen asupan riboflavin dan 15 persen serat yang direkomendasikan setiap hari.

Manfaat makan durian durian baik untuk meningkatkan energi, kekuatan otot dan tekanan darah, memperlancar buang air besar, dan menunjang kesehatan kulit. Raja dari segala buah ini juga mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah.

Selain itu, tingginya kandungan protein dalam durian juga baik untuk orang-orang yang punya sindrom iritasi usus (IBS) karena protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko gejala IBS.

Pendeknya, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik bagi tubuh. Apalagi, buah durian kerap disajikan beriringan dengan makanan atau minuman lain. Apalagi perpaduan antara durian dengan makanan atau minuman yang kurang tepat bisa memberikan efek buruk bagi tubuh.

Salah satu dampak yang muncul ketika mengonsumsi durian dengan makanan atau minuman kurang tepat adalah meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, tubuh bisa mengalami darah tinggi hingga serangan jantung.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, selain memperhatikan porsi yang dianjurkan di atas,  ada baiknya simak deretan makanan dan minuman apa saja yang tidak boleh disantap bersamaan dengan buah durian. Berikut rangkuman beritabeta.com dari sejumlah sumber terkait minuman dan makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan durian.

1. Kopi

Kopi memiliki tingkat kafein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan detak jantung. Kopi juga bisa mengakibatkan suhu tubuh menjadi panas. Efek yang sama dimiliki oleh kopi dan durian, sehingga mengonsumsi makanan dan minuman ini secara bersamaan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Terutama untuk pengidap penyakit jantung.

2. Susu

Mengonsumi buah durian dan susu membuat tekanan darah menjadi lebih meningkat. Kandungan sulfur yang ada pada durian juga dimiliki oleh susu. Saat mengonsumsi durian dipadukan dengan susu, bisa membuat tubuh tidak bekerja secara maksimal ketika mengeluarkan dan menghancurkan toksin.

3. Terong

Terong adalah jenis sayuran yang dapat menyehatkan tubuh. Terong dipercaya mampu menaikkan suhu tubuh, sama halnya dengan durian. Sehingga kamu tidak sebaiknya mencampur dua makanan ini secara bersamaan. Mengonsumsi dua makanan ini secara bersama dapat meningkatkan suhu tubuh secara drastis dan menyebabkan kamu bisa jatuh sakit.

4. Kepiting

Buah durian dipercaya mampu memberikan kehangatan dalam tubuh, namun kepiting dipercaya membuat tubuh menjadi dingin. Perbedaan yang mencolok inilah membuat keduanya tidak baik untuk dimakan secara bersama. Kepiting dan durian juga memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

5. Daging Sapi

Daging sapi memiliki efek panas dalam tubuh. Apabila mengonsumsi secara bersama atau berdekatan dengan durian, maka akan mengakibatkan peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Sehingga kamu harus mewaspadai memadukan dua makanan ini secara bersama. Jangan jadikan durian sebagai buah pencuci mulut setelah makan daging sapi.

6. Daging Kambing

Daging kambing dan durian memiliki manfaat untuk menaikkan suhu tubuh menjadi lebih hangat dan panas. Hindari mengonsumsi dua makanan lezat ini secara bersamaan. Mengonsumi daging kambing dan durian secara bersamaan, memberikan efek panas dan dapat meningkatkan risiko peradangan pada tubuh. Selain itu, mengonsumsi dua makanan ini secara bersamaan dapat meningkatkan tekanan darah.

7. Alkohol

Peneliti bernama John Maninang dan Hiroshi Gemma dari University of Tsukuba, Jepang percaya bahwa efek samping yang mematikan mungkin disebabkan oleh buah-buahan berbau menyengat seperti durian. Buah menyengat cenderung mempunyi kandungan sulfur tinggi dan bisa mengganggu pelarutan alkohol.

Penelitian dari University of Tsukuba ini membuktikan kalau ekstrak yang ada di durian mematikan bisa aktivitas aldehyde dehydrogenase hingga 70 persen. Aldehyde dehydrogenase adalah enzim yang berperan di metabolisme tubuh.

8. Soda

Soda mengandung kafein yang tinggi,. Soda sendiri dapat meningkatkan frekuensi detak jantung pada tubuh. Selain itu, kandungan gula yang ada pada soda sangat tinggi. Efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi soda dan durian berlebih dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, jantung, dan berpotensi diabetes. (berbagai sumber)

loading...

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire