Uniknya Sirsak, Seunik Nama dan Khasiatnya

Buah Sirsak

BERITABETA.COM – Sirsak, salah satu buah dengan sejuta manfaatnya. Ada banyak hal unik dari buah ini, bahkan dari namanya saja sudah unik. Kerab disebut Nangka Belanda, padahal asalnya dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Ada pula yang menyebutnya durian Belanda, nangka sebrang, nangka landa, nangka walanda, nangka buris, nangkelan, srikaya Jawa, boh lona, durio ulondro, durian betawi, jambu landa Nangko Belando.

Buah sirsak bisa sampai ke Indonesia karena dibawa oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda saat zaman penjajahan dulu. Dalam bahasa Belanda, sirsak disebut zuurzak. yang artinya “kantung yang asam”.

Kaya Manfaat dan Khasiat

Mengapa sirsak kaya manfaat dan khasiat? Kandungan buah sirsak yakni terdiri dari vitamin C mencapai 67,5% pada daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah.

Kandungan vitamin C yang paling dominan pada buah sirsak bahkan mencapai sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Sementara kebutuhan vitamin C per orang per hari yaitu sebesar 60 mg.

Artinya dengan mengkonsumsi 300 gram daging buah sirsak, kebutuhan vitamin c manusia sudah terpenuhi. Karena kandungan vitamin C sangat besar maka sirsak bisa menjadi anti oksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  Dengan demikian, buah sirsak punya manfaat bagi kesehatan wanita, ibu hamil, dan kecantikan.

Manfaat buah sirsak dalam buku, Daun Sirsak vs Kanker, ahli teknologi pangan dan gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Made Astawan menyampaikan, sari buah sirsak punya manfaat di dalam sistem pencernaan dan bisa meningkatkan selera makan.

Manfaat lain dari buah sirsak juga bisa membantu mengurangi keluhan pinggang pegal, hingga penyakit ambien atau wasir.

Masih dalam buku yang sama, penelitian di Universitas Purdue, India, Amerika Serikat, juga membeberkan manfaat lain dari buah sirsak. Dalam riset itu ditemukan bahwa ada 12 senyawa aktif yang mampu melawan replikasi virus HIV.

Dalam jurnal Medicinal Plants of Jamaica, buah sirsak, yang dipakai untuk jus dan es krim, mengandung vitamin C. Buah sirsak ini bisa digunakan sebagai obat penurun panas. Sedangkan buah mentah kering dalam bentuk bubuk terkadang digunakan untuk disentri.

Manfaat daun sirsak menurut kedokteran kini juga sudah berkembang di Indonesia. Prof Dr Okid Parama Astirin dari UNS Surakarta mengatakan bahwa daun sirsak adalah bahan alam yang punya potensi manfaat sebagai agen antikanker, demikian dilaporkan Antara.

Dalam penelitian itu ditemukan bahwa daun sirsak menunjukkan hasil efektif dalam menghambat pertumbuhan kanker, khususnya kanker serviks dan nasopharing. Di Afrika daun sirsak dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional terhadap beberapa masalah kesehatan seperti batuk, demam.

Kulit dan Akar Sirsak Kulit serta akar yang mengandung tanin punya manfaat untuk masalah disentri dan cacingan. Baca juga artikel terkait (BB-DIO)

loading...

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire