13 Perahu Layar Siap Ramaikan Lomba SIDAYR

13 Perahu Layar Siap Ramaikan Lomba SIDAYR
Perahu Layar Blue Frog salah satu peserta lomba perahu layar yang ikut pada lomba perahu Spice Islands Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2017 lalu.

BERITABETA.COM, Ambon –  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat mengungkapkan sebanyak 13 perahu layar telah terdaftar untuk mengikuti lomba perahu layar pada ajang Spice Islands Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR).

Rencananya pada awal  Agustus 2019,  belasan perahu layar itu akan dilepas dari  Darwin menuju kota Ambon.  “ Yang terdaftar sudah 16 perahu layar sementara  yang sudah melakukan konfirmasi mengkuti lomba ini ada sebanyak 13 perahu layar,” kata Rico Hayat kepada awak media di Ambon, Rabu (10/7/2019).

Menurutnya, 13 perahu layar ini akan dilepas dari Darwin pada tanggal 3 Agustus 2019, dan akan tiba pantai Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon pada tanggal 5-6 Agustus,” katanya.

Ia merincikan, 13 perahu layar itu antara lain  Antipodes, Colie, Wallop, Liquidity II, Finally, Anastasia, Our Philosophy, Pandora, Psuedorca, Vitamin B dan Cockatoo, yang akan mengikuti kategori IRC Racing, Premier Cruising Multihulls, Premier Cruising Monohulls dan Rally.

Untuk meramaikan ajang bergengsi ini, Pemkot Ambon juga melakukan promosi ke negara lain seperti ke KBRI Kanada di Toronto sebagai bentuk partisipasi negara lain dalam lomba SIDAYR tahun 2019.

“Kita berupaya agar ada partisipasi dari negara lain, mengingat di tahun sebelumnya lomba ini juga diikuti negara lain, tetapi paska konflik sosial kita harus membangun jaringan kembali untuk promosi lomba perahu layar yang merupakan kegiatan tahunan,’’terang dia.

Dijelaskan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi internal bersama komite yang diketuai Asisten II Pemkot Ambon bersama stakeholder untuk proses persiapan penerimaan perahu layar, sementara itu kami telah melakukan pertemuan dengan konsulat Indonesia untuk Darwin, komite sister city dan Wali Kota Darwin.

“Acara pendukung SIDAYR 2019 juga akan berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan 30 tahun kerjasama kota kembar “sister city” Darwin – Ambon,’’ujar Hayat

Sementara pada saat pelaksanaan Ambon night yang sebelumnya dilaksanakan di Konsult Darwin akan dialihkan ke komite SIDAYR Dinnah Beach, dengan konsep acara yang juga berbeda, karena kegiatan kali ini dimulai dengan “bussiness meeting”, yang merupakan permintaan konsulat sebelum pelaksanaan lomba perahu layar. (BB-DIAN)

Close Menu