92 Pelajar MIT As Salam Ambon Mengikuti Wisuda Qur’an ke XII

92 Pelajar MIT As Salam Ambon Mengikuti Wisuda Qur’an ke XII
Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As Salam Ambon, menggelar Wisuda Qur’an ke XII dengan tema “Membangun Generasi Qur'ani Melalui Sistem Pendidikan Terpadu,” berlangsung di Aula Pelabuhan Perikanan, Tantui Ambon, Sabtu (4/5/2019). (FOTO: BERITABETA.COM)

BERITABETA.COM, Ambon – Sebanyak 92 siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) As Salam Ambon angkatan ke XIV, diwisuda setelah mengenyam pendidikan selama enam tahun di almamater itu.

Wisuda Qur’an ke XII ini digelar  dengan tema “Membangun Generasi Qur’ani Melalui Sistem Pendidikan Terpadu,” ini berlangsung di Aula Pelabuhan  Perikanan, Tantui Ambon, Sabtu (4/5/2019).

Kepala MIT As Salam Ambon, Nurhayati Musa kepada beritabeta.com mengatakan, wisuda Qur’an ini digelar dengan tiga tujuan. Pertama,  sebagai prosesi penamatan tanda ketuntasan belajar. Kedua, mengukuhkan siswa/siswi yang telah usai mengikuti proses pembelajaran selma 6 tahun.

“Yang terakhir tentunya sebagai wadah publikasi dan sebagai bentuk pengokohan sistem pembelajaran Qur’an di MIT As Salam Ambon,”jelasnya.

Nurhayati juga berpesan, dengan hadirnya  tantangan di era digital yang modern ini, agar semua orang tua mampu  menguatkan basis pendidikan anak melalui sekolah dasar yang  berbasis Qur’an.

“Libatkan  pendidikan karakter bagi anak-anak kita,  sehingga anak-anak tidak tergiur dengan pergaulan yang bisa menjerumuskan mereka ke hal-hal negatif kelak. Dan kepada anak didik yang sudah diwisuda, agar  tetap menjadi pelajar yang tidak berhenti belajar,  karena kalian akan  memanen hasil yang memuaskan,” pintanya.

Pantauan beritabeta.com di lokasi wisuda, acara wisuda Qur’an ini dimulai sejak pukul 07.00 WIT dengan agenda khatmil Qur’an yang dilakukan oleh para peserta wisuda.

Acara wisuda ini dihadiri oleh Direktur Yayasan As Salam Maluku, Drs. M. Fathoni, MPd, Rektor IAIN Ambon DR. Hasbollah Toisuta, Kasi Pendis Kemenag Kota Ambon Fauzia Umarella, MPd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon DR. Fahmi Sallatalohy, dan orang tua murid.

Kasi Pendis Kemenag Kota Ambon Fauzia Umarella dalam sambutannya mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon menyampaikan apresiasinya atas gelaran wisuda yang dilakukan MIT As Salam Ambon.

Menurutnya, kegiatan wisuda ini merupakan bentuk akuntabilitas MIT As Salam kepada orang tua dan masyarakat. Apalagi, kata dia, MIT As Salam Ambon telah menghasilkan  lulusan terbaik bukan saja dari sisi akademik tapi juga dari sisi spiritual yang dapat dibanggakan untuk masa depan anak-anak.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih atas kerjasamanya yang telah dibangun selama ini ini antara orang tua dan murid dan pemangku pendidikan, sehingga pada hari ini kita dapat menyaksikan sekaligus bangga atas prestasi yang diraih baik anak didik maupun guru dan lembaga,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan wisuda ini juga diumumkan para siswa siswi yang berhasil memenuhi target hafalan Qur’an yang rata-rata mencapai dua juz dan bahkan empat siswa siswi diantaranya sudah mampu menghafal sampai tiga juz.

Selain itu,  juga ditampilkan peserta wisuda yang membawakan pidato dalam tiga Bahasa yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris (BB-DIO)

Simak juga video ekspresi keceriaan siswa siswi  MIT As Salam Ambon di bawah ini :

Close Menu