Bakamla Gelar Latihan Kesiapan SAR di Ambon

Peserta pelatihan kesiapan search and rescue (SAR) yang digelar Bakamla RI Zona Maritim Timur di Pangkalan Bakamla, Lateri, Kota Ambon, Selasa (24/11/2020).

BERITABETA.COM, Ambon – Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur yang berpangkalan di Lateri, Kota Ambon, menggelar latihan bagi personilnya untuk meningkatkan kemampuan dalam kesiapan search and rescue (SAR).

Latihan yang digelar di Pangkalan Bakamla Zona Maritim Timur, di Lateri ini digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 24 sampai 26 November 2020.

Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla, Sandy M. Latief, S. Ip dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan latihan ini, Selasa (24/11/2020)  menjelaskan sesuai amanat dalam Peraturan Presiden tahun 2014 Nomor 178 tentang Bakamla,  telah mengamanatkan tugas pokoknya adalah melaksanakan kegiatan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia.

“Bakamla akan menjalankan tugas ini di perairan yurisdiksi Indonesia. Salah satu poin dalam Peraturan Presiden itu adalah  menagani keselamatan di laut republik Indonesia,” tandas Latief.

Dikatakan,  petunjuk pelaksanaan perbantuan Bakamla RI kepada Basarnas dalam rangka pencarian dan pertolongan juga mengamanatkan hal ini. Bakamla RI dan stakeholder lainnya,  di wilayah Ambon harus memahami apa yang dilakukan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan secara sinergi.

Untuk itu, kata Latief dengan latihan yang diselenggarakan Bakamla ini, diharapkan dapat menambah pengetahuan, mempererat hubungan dengan stakeholder lain, dan bisa melakukan sharing pengalaman atau subject matter expert.

“Bukan hanya Bakamla RI  yang mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan perbantuan SAR, tapi itu merupakan tanggung jawab kita semua. Bahkan nelayan pun juga wajib memberikan pertolongan. Belum tentu jika kita sendirian akan mampu menyelesaikan suatu misi SAR dengan baik, maka kita harus mau membuka diri dan bekerja secara bersama-sama,”jelasnya.

Latief juga meminta kepada para peserta latihan, agar memperhatikan dan mengutaman faktor keamanan dan keselamatan dalam melaksanakan latihan, baik semua instruksi yang disampaikan oleh para pengajar dan juga menjaga kekompakan sesama peserta dan pengajar.

BACA JUGA:  Divre Bulog Maluku Memastikan Bansos-Rastra Sudah Tuntas 100%

“Kita semua jangan lupa tetap melaksanakan protokol Covid-19 dan lebih baik  lagi jika kita menjaga diri sehingga tidak membawa efek yang buruk pada diri kita maupun pada orang lain,”harapnya (BB-YP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire