BERITABETA.COM, Ambon –  Ketua Panitia HUT ke-444 Kota Ambon, Roy de Fretes memastikan, besok, Selasa (3/9/2019) pihaknya akan menggelar senam kaka enda massal dengan melibatkan sebanyak 6 ribu peserta.

Gelar senam massal ini akan dilakukan di sepanjang Jalan AY. Patty Ambon, sehingga ruas jalan di pusat kota ini akan ditutup sementara.

“Awalnya, panitia berasumsi senam massal kaka enda ini akan diikuti sekitar 2400 orang saja sesuai jumlah peserta lomba kaka enda, namun ternyata animo untuk sama-sama terlibat meramaikan HUT Kota Ambon sangat besar, “kata Roy de Fretes di Ambon, Senin (2/9/2019).

‘’Kami tidak kuasa membendung animo itu. Makanya setelah dikordinasikan dengan pa Walikota, maka kita akan gunakan jalan AY Patty kiri kanan untuk senam massal tersebut,’’ sambungnya.

Roy mengatakan, Jalan AY Patty akan ditutup  sementara waktu,  mungkin jam 9 atau 10 WIT sudah kembali dibuka, sebab senam massal itu mulai jam 07.00 WIT.

Menurutnya, seluruh peserta atau 311 regu goyang kaka enda yang ikut pada Lomba HUT Kota Ambon sudah dipastikan ambil bagian, ditambah dengan para pegawai di lingkup Pemerintan Provinsi (Pemprov) Maluku dan juga masyarakat atau komunitas sehat yang ada di Ambon.

De Fretes menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya pemerintah menjaga dan membina hubungan sosial kemasyarakatan, sebagai bentuk persatuan dan kesatuan sesama warga bangsa Indonesia.

“Nilai penting yang terkandung dari senam massal ini adalah semangat persatuan. Sebab kegiatan ini melibatkan seluruh unsur di masyarakat. Ini yang sangat penting. Kita ingin tunjukan bahwa Ambon tetap mampu menjaga keharmonisan di tengah kehidupan masyarakat yang ada,” tutupnya (BB-DIO)