FMB Bagi Ribuan Masker Kain di Tiga Pasar Tradisional Kota Ambon

Seorang ibu yang ditemui di salah satu pasar tradisional kota Ambon dibagikan masker kain. Anggota FMB memakaikan masker pada pedagang, Sabtu (16/5/2020)

BERITABETA.COM, Ambon – Kepedulian untuk membantu pemerintah mangantasi penyebaran coronavirus disease (Covid-19) kembali ditunjukkan sekelompok pemuda yang tergabung dalam  Forum Maluku Berkarya (FMB).

Setelah menyerahkan bantuan 150 unit Alat Pelindung Diri (ADP) berupa  pakaian Hazardous Material (Hazmat) ke Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku beberapa hari lalu, FMB kembali melakukan aksi dengan membagi ribuan masker ke sejumlah pedagang di tiga lokasi pasar.

“Hari ini kami kembali melakukan aksi membagikan masker kain secara gratis kepada pedagang di tiga tempat masing-masing pasar Wayame, pasar Rumah Tiga pasar Tawiri dan pasar Negeri Laha, “ kata Ketua FMB Juliant Palar kepada beritabeta.com di Ambon, Sabtu (16/5/2020).

Anggota FMB memabagikan masker kepada pedagang di pasar tradisional kota Ambon

Juliant Palar mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan FMB tetap hadir dengan melihat berbagai masalah yang muncul di tengah masyarakat. Terutama terkait pandami Covid-19 yang saat ini masih terus berlangsung.

Jumlah masker kain yang dibagikan FMB, kata Juliant mencapai, 1450 buah. Bantuan berupa masker ini merupakan tahap pertama yang akan kembali dilanjutkan dengan bantuan berikutnya.

“Dengan jumlah seperti ini, kami harapkan masalah masker ini dapat diatasi, jadi mereka yang menerima bantuan masker kain ini bisa menggunakannya berulang dengan cara mencucinya,” tandas Juliant.

Harapannya, masalah pandemi Covid-19 di Maluku akan cepat berlalu dan masyarakat kembali melakukan aktivitasnya dengan normal. FMB juga berharap kepada pemerintah agar terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait dengan protap Covid-19 ini.

“Kami melihat masalah edukasi ini penting, sehingga masyarakat wajib patuh kepada aturan dan ajuran pemerintah terutama dengan mengenakan masker selama beraktivitas di luar rumah,” terangnya.

Julian juga menambahkan, giat pembagian masker yang dilakukan FMB cukup mendapat perhatian dari masyarakat, karena ternyata banyak pula masyarakat yang belum memiliki masker.

BACA JUGA:  Pemberdayan Perempuan dan Literasi Harus Menjadi Skala Prioritas

“Responnya positif banyak warga yang menerima kami dengan antusias di tengah pasar, dan semoga apa yang kami berikan dapat membantu meringankan beban pemerintah dalam upaya menangani pandami Covid-19 di Maluku, khususnya kota Ambon,” tandas Juliant (BB-DIO)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire