BERITABETA.COM, Ambon – Forum Maluku Berkarya (FMB), sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimbun anak muda di Maluku menyalurkan bantuan sebanyak 100 unit Alat Pelindung Diri (APD) berupa Hamzat (hazardous materials) kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Ambon.

Bantuan ini dimaksudkan untuk membantu Gugus Tugas Covid-19 Kota Ambon dalam menjalankan tugas penanganan dan pengendalian wabah virus Corona di Kota Ambon.

Ratusan unit APD ini diserahkan langsung oleh Ketua FMB Juliant Palar yang didampingi beberapa pengurus FMB kepada Sekretaris Kota (Sekot) Ambon, A.G Latuheru di Balai Kota Ambon, pukul 12.00 WIT, Rabu (22/4/2020).

Ketua FMB Juliant Palar kepada beritabeta.com, Rabu (22/4/2020) mengatakan, bantuan yang disalurkan FMB merupakan bentuk kepedulian dan kemanusiaan terhadap sesama dalam menyikapi wabah virus Corona yang terjadi di Indonesia, khususnya Maluku.

“Kita ingin bersama pemerintah membantu masyarakat untuk bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini di Kota Ambon dan Maluku umumnya,” tandas Juliant.

Menurutnya, bantuan sebanyak 100 APD ini merupakan bantuan yang kedua yang diserahkan FMB kepada pihak pemerintah dalam menangani penyebaran virus Corona di tengah masyarakat. Dan bantuan selanjutkan akan kembali disalurkan, karena masih menunggu distrubusi dari Jakarta pada tanggal 24 April besok.

“Sebelumnya kita juga telah menyalurkan bantuan serupa ke pihak RSU Saparua, Kabupaten Maluku Tengah,” kata Juliant.

Juliant menjelaskan, penyaluran bantuan dalam upaya mengatasi wabah virus Corona merupakan bentuk dari realisasi misi besar FMB yakni memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta kebersamaan, solidaritas dan berjiwa kegotong royongan, kreativitas, kerja profesional serta berkualitas dalam mengisi pembangunan.

Selain menyalurkan bantuan, Ketua FMB ini juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat di Maluku, khususnya warga Kota Ambon, agar tetap mengikuti protokol yang sudah disampaikan pemerintah daerah, dengan menjalankan  physical distancing (jarak fisik) sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona lebih luas.

“Saya kira himbauan yang disampaikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan telah diterapkan pemerintah saat ini merupakan solusi terbaik yang harus dilakukan, agar tidak ada lagi yang terinfeksi Covid-19,” beber Palar (BB-DIO)