Heboh, Ikan Busuk Dibuang ke Pantai, Bikin Peneliti LIPI Ambon Terjun ke Lokasi

Puluhan ikan busuk dibuang ke pantai Dusun Batu Koneng, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, membuat warga sekitar menjadi heboh, Sabtu malam (28/9/2019) (FOTO: ISTIMEWA)

BERITABETA.COM, Ambon – Warga  Dusun Batu Koneng, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon dibuat heboh dengan penemuan puluhan ikan jenis kembung (Rastrelliger) atau nama lokal Lema di pantai dekat dermaga LIPI Ambon, Sabtu malam (28/9/2019).

Temuan puluhan ikan kemudian dilaporkan ke pihak kepolisian dan pegawai di Kantor Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI Ambon. Sekitar pukul  09.30 WIT sejumlah peneliti LIPI Ambon kemudian diterjunkan ke lokasi yang dekat dengan kantor LIPI Ambon itu.

Kepala LIPI Ambon Dr. Nugroho Dwi Hananto, M.Si yang dikonfirmasi beritabeta.com, Sabtu malam (28/9/2019) membenarkan adanya temuan tersebut.

Menurut Nugroho yang juga ikut melihat dan mengambil sampel ikan di lokasi tersebut, setelah diteliti, ternyata temuan ikan yang jumlahnya sekitar 30-an ekor itu, bukan ikan yang mati terdampar tapi ikan es yang sudah membusuk dan dibuang warga di pantai.

“Benar. Kita sudah lihat, itu ikan es yang dibuang ke pantai. Karena sudah busuk dan juga ditemukan ada kepala ikan kakap disitu. Dugaan kami ada yang membuang ikan disitu, bukan ikan yang mati terdampar seperti kejadian kemarin di Leitimur Selatan, “ kata Nugroho via WhatsApp kepada beritabeta.com.

Ia menjelaskan, selain bentuk fisik ikan yang sudah busuk, yang membedakan ikan mati terdampar dan dibuang itu adalah, lokasinya hanya di satu titik, kemudian juga hanya 1 jenis ikan yang ditemukan.

“Sangat jelas itu bukan ikan mati terdampar. Kami menduga ikan es yang tidak lagu terjual dan dibuang,” bebernya.

Temuan puluhan ikan Kembung di pantai Batu Koneng ini sempat menjadi tranding dibahas di group WhatsApp LIPI Ambon. Untuk memastikan hal tersebut, sejumlah peneliti kemudian diterjunkan.

Sementara dari keterangan Ali Yadi warga sekitar yang juga pengawai LIPI Ambon, penemuan puluhan ikan itu dilaporkan warga sekitar kepada ketua RT, kemudian berlanjut ke pihak kepolisian dan LIPI Ambon.

“Iya kami ada di lokasi penemuan, ada juga beberapa peneliti dan pak Kepala LIPI Ambon juga disini. Jumlah ikannya sekitar 30-an ekor, nanti bapak konfirmasi saja kepada mereka,” kata Ali.

Ia mengatakan, warga melaporkan temuan itu karena takut apa yang dilihat sama dengan yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Leitimur Selatan.

Sedangkan terkait siapa pelaku yang membuang puluhan ikan itu, Nugroho mengaku tidak mengetahuinya, karena sudah dicek tapi belum ada yang mengaku sebagai pelakunya.

“Tidak ada yang mengaku. Susah, tapi ini jelas ikan es yang dibuang ke pantai,” tandasnya.

Sementara dari foto yang diterima beritabeta.com, terlihat temuan ikan jenis Kembung ini memang sangat menghebohkan, karena terlihat seperti ikan mati terdampar dan serupa yang terjadi di pantai Hukurila dan Rutong, sehingga wajar membuat warga menjadi heboh melihat kondisi tersebut (BB-DIO)   

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire