BERITABETA.COM, Ambon – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19,  Kota  Ambon, Provinsi Maluku resmi membuka data sebaran Covid-19 di kota Ambon, dengan rinciannya hingga ke tingkat kelurahan, desa dan negeri.

“Mulai hari ini (Selasa, 19/5) Gugus Tugas Kota Ambon akan membuka data terkait jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), serta pasien terkonfirmasi positif secara detail sampai pada tingkat kelurahan, desa dan negeri di Kota Ambon, ” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon Joy Adriaansz di Ambon, Selasa (19/5/2020).

Data terakhir yang di-update Gugus Tugas Covid-19 kota Ambon, Selasa (19/5/2020) menyebutkan total jumlah kasus positif Covid-19 di kota Ambon sebanyak 99 jiwa. Dengan rincian 78 orang kini dalam perawatan, 16 orang dinyatakan sembuh dan 5 orang meninggal dunia.

Rincian sebaran kasus di desa dan kelurahan sebagai berikut :

Joe menjelaskan, langkah ini ditempuh agar masyarakat dapat mengetahui secara pasti kondisi terkini di wilayah masing-masing.

“Kami perlu melakukan transparansi data hingga ke tingkat kelurahan, desa dan negeri, sehingga masyarakat dapat memantau wilayahnya masing-masing,” katanya.

Joy mengatakan bahwa sebelumnya data COVID-19 disampaikan melalui laman Pemkot Ambon dan akun media sosial.

Data yang disampaikan sebelumnya merupakan data sebaran per kecamatan, tetapi mulai saat ini akan dibuka data hingga ke tingkat kelurahan, desa dan negeri.

“Data tersebut diperbarui sesuai perkembangan situasi agar masyarakat dapat mengakses dan lebih waspada terhadap lingkungan masing-masing,” katanya.

Pihaknya berharap dengan terbukanya data hingga ke tingkat kelurahan, desa dan negeri, dapat lebih meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penyebaran COVID-19 di Kota Ambon.

“Harapan kami, ketika melihat dan memantau data tersebut, masyarakat dapat lebih waspada dan berhati-hati terhadap penyebaran virus corona,” katanya (BB-DIO)