BERITABETA. COM, Ambon – Komunitas LEBEBAE yang menghimpun puluhan anak di kota Ambon kembali menggelar aksi membersihkan sampah plastik di dua lokasi wisata yang banyak diganderungi warga.

Selama dua hari berturut-turut, mulai dari tanggal 25 – 26 Agustus 2020,  Komunitas LEBEBAE  turun langsung memungut sampah plastik di Puncak Siwang dan Pintu Kota, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Mereka meminta agar warga yang mengunjungi kedua lokasi yang menjadi ikon wisata kota Ambon ini agar menjaga kedua lokasi wisata ini.

“Kami hanya meminta jang pangkotor (jangan mengotori) dengan membuang sampah di Puncak Siwang dan Pintu Kota,” pinta koordinator Komunitas LEBEBAE Kezia Tulalessy kepada beritabeta.com, Kamis malam (27/8/2020)

Gadis berusia 14 ini, mengaku prihatin keindahan alam di dua lokasi yang menjadi target kegiatan Komunitas LEBEBAE ini akan tercemar sampah plastik, sehingga merusak lingkungan sekitar.

Kezia mengaku, setelah beraksi membersihkan sampah di pantai Amahusu, ia bersama teman-teman merasa masih banyak tempat yang harus disasar dalam aksi serupa, karena banyak sampah plastik kini menjadi ancaman di sejumlah tempat.

“Banyak orang yang datang mengunjungi tempat-tempat itu dan meninggalkan sampah, sehigga membuat pemandangan yang indah menjadi tidak indah dan juga lingkungan menjadi tercemar,” bebernya.

Siswa kelas 1 SMA Lentera Ambon juga meminta kepada Pemerintah Kota Ambon, agar dapat membuat aturan-aturan yang dapat memberikan sanksi kepada warga yang membuang sampah secara sembarangan.

“Masak untuk mobil yang parkir sembarangan saja bisa dikenai denda ratusan ribu rupiah, sedangkan untuk warga yang membuang sampah yang jelas-jelas merusak lingkungan tidak diberikan sanksi. Kami minta pak Walikota Ambon untuk bisa melihat hal ini,” pintanya.

Hal senada juga disampaikan Any Riupassa salah satu anggota Komunitas LEBEBAE yang meminta warga agar setiap berkunjung ke lokasi-lokasi wisata dapat memperhatikan masalah sampah ini.

“Kalau ada yang datang ke Puncak Siwang bawa sampah tolong pulang juga bawa sampahnya. Jangan kasih tinggal atau buang disana, karena sangat merusak pemandangan,” bebernya.

Any mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan Komunitas LEBEBAE karena dilatari kecintaan mereka akan keindahan alam di kota Ambon. Sehingga apa yang dilakukan benar-benar karena rasa cinta mereka sebagai generasi penerus.

“Kami kemarin ke Puncak Siwang, setelah melakukan shooting program TVRI, kami kemudian membersihkan jalanan menuju ke Puncak Siwang yang penuh dengan sampah plastik. Ini sangat tidak indah dan merusak pemandangan,” urai  Any (BB-DIO)

SIMAK JUGA VIDEO DI BAWAH INI :