Kapolda ‘Turun Tangan’ Urai Kemacetan di Kota Ambon

Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa ikit mengatur lalu lintas di Kota Ambon, Kamis (4/10) (Humas Polda Maluku)

 

BERITABETA, Ambon – Fenomena kemacetan lalu lintas (lalin) di Kota Ambon sepertinya makin parah. Tidak mengenal waktu tertentu. Kondisi ini membuat Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa ‘turun tangan’,  ikut mengatur arus kendaraan yang padat hingga menimbulkan kemacetan pada sejumlah ruas jalan raya utama di Kota Ambon.

Kapolda yang turun langsung ke jalan sejak Kamis, (2/10) sore sekitar pukul 17.30 WIT ini mengambil posisi di atas jembatan depan kantor Dinas PU PR Maluku.

Mantan Kakorlantas Polri ini didampingi pengawalnya ikut membantu personel Satuan Lalu Lintas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mengurai kemacetan di sepanjang ruas Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Cendrawasih Kota Ambon.

Kapolda yang didampingi para pengawalnya juga melakukan patroli keliling guna mengecek situasi arus lalu lintas di dalam kota, di mana kegiatan itu dilakukan seusai melaksanakan tugas di Mapolda Maluku.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Roem Ohoirat mengatakan, menghadapi kemacetan yang terjadi setiap sore hari, bertepatan dengan jam pulang para pegawai dan anak sekolah, Kapolda merasa terpanggil untuk melayani masyarakat Kota Ambon dengan cara turun langsung ke jalan untuk mengatur lalu lintas dan mengurai kemacetan.

“Dengan senyuman yang khas, mantan Kakorlantas Polri ini bersama sejumlah personel lalu lintas melayani masyarakat selama satu jam,” ujarnya.

Khusus untuk ruas Jalan Tulukabessy selalu menjadi jalan utama yang dilalui masyarakat menuju jalan Jenderal Sudirman maupun memutar ke arah Jalan Rijali dan Jalan Karangpanjang sehingga setiap saat terjadi kemacetan.

Usai mengatur dan mengurai kemacetan arus lalu lintas, Kapolda melanjutkan perjalanan melintasi ruas Jalan Tulukabessy dan Jalan Jenderal Sudirman untuk pulang ke rumahnya di kawasan Tantui.

BACA JUGA:  Gempa Bumi Tektonik M 4.1 Guncang Ambon

Sejak dilantik sebagai Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa juga telah mempelopori upaya pengurangan kemacetan dengan melaksanakan program sehari tanpa kendaraan bermotor ke kantor, yakni menggunakan sepeda untuk setiap hari Selasa (BB/DIO).

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire