Kebakaran di Skip, 4 Rumah Hangus Dilalap Si Jago Merah

Kondisi rumah warga yang terbakar di kawasan Skip, Kelurahan Karpan, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dilaporkan hangus dilalap si jago merah, Senin (14/9/2020).

BERITABETA.COM, Ambon – Satu unit rumah milik warga dan tiga rumah dinas di Asmil Paldam XVI Pattimura di kawasan Skip, Kelurahan Karpan, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon  hangus dilalap si jago merah, Senin (14/9/2020).

Insiden memilukan ini, diduga terjadi akibat arus pendek listrik di salah satu kamar milik Marthen Hurulean (38) yang berada di RT 002/05.

Informasi yang dihimpun beritabeta.com dari pihak Polresta Ambon dan Pulau-pulau Lease menyebutkan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 18.20 WIT.

Api yang cepat merambat  dan membakar 4 unit rumah di kawasan tersebut. Antaranya rumah milik Yunus Hurulean (42) dan 3 unit rumah lainnya di Asmil Paldam XVI Pattimura.

Dari kesaksian Yunus Hurulean dijelaskan, kejadian berawal ketika dirinya bersama Marthen Hurulean sementara membereskan baleho di depan rumahnya.  Tak lama kemudian,  istrinya memanggilnya  untuk minum teh.

Saat, hendak meminum teh, dirinya mencium bau asap api sehingga langsung memeriksa terminal colokan yang ada di dalam rumah.

“Saya itu pula, istri saya melihat kobaran api sudah membesar dari kamar milik adiknya  Marthen,” urainya.

Melihat hal tersebut,  dirinya langsung berteriak minta tolong.  Dengan spontan warga sekitar langsung melakukan upaya untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Namun pertolongan warga Skip tidak mampu menghentikan api yang tetap membesar, karena sebagian isi rumahnya berdinding triplek.

Yunus dalam keterangannya juga membenarkan api mulai membasar sekira pukul 18.10 WIT. Saksi mengaku  mencium bau sesuatu yang terbakar dan sempat memberitahukan hal tersebut kepada kakaknya Marthen.

Kobaran api yang semakin membesar membuat  dirinya langsung menghubungi pihak Damkar Kota Ambon.

Pada pukul 18.30 WIT, 6 unit mobil pemedam kebakaran tiba di TKP melakukan upaya pemadaman serta mengamankan rumah warga Skip yang terbakar. Kobaran api akhirnya dapat dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIT.

BACA JUGA:  Warga Leihitu Ingin Bergabung dengan Kota Ambon

Insiden ini juga ikut menghaguskan tiga unit rumah dinas milik Paldam XVI Pattimura yang ditempati Serka Syahrul, Serka Arifai Rustam Maruf dan Bansa Sangadji. Ketiga unit rumah ini juga terbakar bagian dalamnya. Dari insiden ini belum dapat diketahui kerugian material yang ditimbulkan.

Pangdam Tinjau Lokasi Kebakaran

Mendengar informasi terjadi peristiwa kebakaran yang menimpa anggotanya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman langsung meninjau TKP.

Pangdam pun menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang saat ini dirasakan anggotanya. Pangdam datang mengecek lokasi kebakaran juga untuk mengecek langsung kerugian dan kerusakan.

“Anggap ini merupakan cobaan bagi kita semua dan jadikan sebagai evaluasi serta introspeksi diri kita, rumah yang terbakar ini akan segara kita perbaiki,” ujar Pangdam, “ tandasnya (BB-YP)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire