Kesulitan Air Bersih, Wakil Rakyat Angkat Bicara

Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally
Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally

BERITABETA.COM, Ambon – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon Yusuf Wally, menyoroti kesulitan air bersih yang terjadi pada beberapa wilayah. Salah satunya di kawasan Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau.

Dia bilang, Desa Batu Merah perlu menjadi perhatian serius pemerintah. Karena sejauh ini PT. DreAm Sukses Airindo (DSA) yang biasanya menyuplai air bersih di kawasan Batu Merah, kini tidak menjalankan fungsinya secara baik.

“Dampaknya masyarakat mengalami kesulitan air bersih,” katanya kepada wartawan, Selasa (29/12/2020)

Sehingga, solusi untuk menanggulangi kesulitan air bersih perlu dilakukan oleh PT. DSA dengan cara menemukan galian sumur baru. Karena hanya cara itu yang bisa dilakukan untuk bisa menyuplai air bersih kepada masyarakat, baik di Desa Batu Merah maupun yang tinggal di daerah pegunungan.

“Masyarakat yang berada di beberapa lokasi di Desa Batu Merah merasakan kesulitan air bersih. Diakibatkan suplai air dari DSA sering tersendat, apalagi bagi mereka yang tinggal di dataran tinggi,” kata Wally.

Dia ungkap, biasanya jadwal suplai air bersih dilakukan setiap dua sampai empat hari. Kini tidak lagi dan masyarakat kesulitan, pasalnya selama ini warga di Ambon mengandalkan suplai air bersih dari perusahaan daerah tersebut.

Untuk itu Wally berpendapat, pembagian air besih menggunakan mobil BPBD perlu dikaji lagi oleh pemerintah, karena untuk solusi jangka panjang tidak berarti samasekali. Pasalnya mobil BPBD hanya dapat melayani berapa lingkungan saja.

Sebelumnya Direktur PT. DSA Apong Tetelepta mengatakan, memang debit air menurun apalagi musim kemarau, sehingga krisis air bersih menjadi langganan di Kota Ambon. Setiap musim kemarau, ada saja kawasan yang alami krisis air bersih.

“Apalagi musim seperti ini, pasokan air yang semula sekitar 6 kubik, hanya bisa 50% dapat diairi ke masyarakat,” katanya (BB-ES)

BACA JUGA:  Heboh, Warga Ambon Tangkap Buaya di Pusat Kota

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire