Pasien Positif COVID -19 di Maluku Dipulangkan Bersama 14 Rekannya

AA (panah merah) bersama 14 rekannya saat berada di dalam bus Damri untuk menuju ke Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Kamis siang (02/04/2020)

BERITABETA.COM, Ambon – Pasien positif Covid-19 di Kota Ambon, Maluku, berinisial AA bersama 14 rekannya, sudah dipulangkan ke tempat asal mereka. AA bersama 14 rekannya yang dikarantina di  BPSDM Maluku, Wailela, Kota Ambon dipulangkan ke Bekasi, Jawa Barat. Mereka menggunakan satu bus Damri menuju Bandara Pattimura Ambon untuk selanjutnya terbang ke Jakarta, Kamis siang (02/04/2020).

Dengan dipulangkan AA yang sudah sembuh dari infeksi COVID-19, menandakan saat ini, untuk kota Ambon dan Maluku umumnya kembali nihil dari kasus positif virus corona.

Proses keberangkatan 15 warga asal Bekasi ini, menjadi perhatian sejumlah wartawan. Sejumlah jurnalis Maluku akhirnya punya kesempatan bertemu langsung sosok AA yang misterius itu. 14 rekan AA yang sempat mengghuni kantor  BPSDM Maluku, selama menjalani masa karantina 14 hari juga terlihat keluar dari gedung tersebut satu per satu.

AA keluar dari dari kantor  BPSDM mengenakan baju kaos oblong berwarna merah, mengenakan kupluk hitam bergaris abu-abu dipadu celana jeans dan ransel hitam. Masih dengan menggunakan masker ke-15 orang warga asal Bekasi yang sempat menjadi perhatian ini, kemudian berlalu menaiki bus menuju Bandara Internasional Pattimura, Ambon.

“Semunya pulang sore ini menggunakan Maskapai Lion Air dengan jadwal penerbangan pukul 16.00 WIT ke Jakarta,” ungkap  Kepala Bagian Kepegawaian BPSDM Maluku, Husni Al Zagladi.

Sehari sebelumnya, Ketua Harian Satuan Gugus Tugas Pencegahan Dan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Maluku, Kasrul Selang juga mengungkapkan AA bersama 14 rekannya dipulangkan, setelah hasil uji spesimen di Badan Pengembangan dan Penelitian Kesehatan (Balitbangkes), Kementerian Kesehatan membuktikan ke-15 orang tersebut dinyatakan negatif.

“Saat ini mereka ditemparkan di balai Diklat BPSDM Maluku, Besok (hari ini-red) sore mereka sudah kembali ke daerahnya masing menggunakan pesawat, semua biaya ditanggung mereka, “ujar Selang kepada awak media di kantor Gubernur, Rabu (01/04/2020).

BACA JUGA:  Spesimen Dua WNA Jepang Sudah Dikirim ke Labolatorium Kemenkes

Kasrul menjelaskan, ke-15 warga Bekasi ini telah dilengkapi dengan sertifikat kesehatan yang membuktikan mereka negatif. Tentunya dengan pengawasan Tim Satuan Gugus Covid-19 sampai mereka lepas landas dari Bandar Udara Internasional Pattimura.

Ke-15 warga pendatang ini termasuk dalam 73 spesimen yang sudah dinyatakan negatif Covid-19, termasuk 2 WNA dan 31 tim medis yang menangani warga bekasi, satu karyawan Hotel Amaris.

“Jadi tersisa 29 spesimen yang kita menunggu hasilnya,”jelasnya (BB-DIO-CS)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire