BERITABETA.COM, Ambon – Sebuah komunitas yang menghimpun ibu-ibu pengajian di kota Ambon berhasil melakukan gebrakan dengan menggalang dana dalam gerakan sosialnya untuk membantu para yatim piatu, kaum dhuafa dan penghafal Al Qur’an di kota Ambon.

Komunitas bernama ‘Sedekah Seribu Sehari’ (S3) ini memulai kegiatannya dengan menggelar bazar yang diberinama Berbeku (Barang Bekas Berkualitas) yang digelar di depan rumah makan Supira,  Lorong Kopi, Kota Ambon, Kamis (19/12/2019).

Koordinator S3 Kasmawati atau kerap disapa Mama Bintang kepada beritabeta.com di Ambon, Kamis (19/12/2019) mengatakan, kegiatan Bazar Berbeku yang dilakukan S3 ini bertujuan  untuk menggalang donasi yang akan disalurkan kepada para anak yatim piatu, dhuafa, penghapal Al Quran, fiisabilillah dan juga donasi lainnya.

Konsep Berbeku adalah konsep baru yang dilakukan dengan mengumpulkan jenis barang berupa pakaian, jilbab dan sejenisnya (layak pakai) dari sejumlah penyumbang (donator) yang kemudian dijual dengan harga murah. Hasil penjualan itulah yang dijadikan modal membantu para anak yatim dan kaum dhuafa.

Menurut Kasmawati, penamaan  komonitas S3 ini, sebenarnya sudah ada sejak setahun lalu. Namun, kata dia, saat itu gerakan donasi ini masih dilakukan seorang diri olehnya.

“Saat itu saya masih sendiri dan belum berani merekrut anggota. Akhirnya dengan mengadopsi pengalaman dari  S3 Nasional,  saya akhirnya biasakan dulu anggota Pengajian di Teras Taklim untuk terbiasa berbagi. Dan akhirnya Teras Taklim menjalankan semua yang sering dilakukn oleh  S3 di daerah-daerah lainnya,”ungkapnya.

Selain kegiatan bazar untuk didonasikan ke fakir miskin dan kaum dhuafa. Kegiatan lainnya yang juga dilakukan S3 diberinama  ‘Senabungdi’ (Sedekah Nasi Bungkus) di hari Jumat  berbagi Anak Yatim, Parsel Lansia dan bantusn ke TPQ di desa-desa.

“Allhamdulillah kegiatan Bazar Barbeku S3 berjalan sangat lancar. Justru kami menjual 80% barang- barang baru. Masyarakat sangat senang apalagi dibuka untuk umum. Pembelinya tidak terbatas pada kaum muslim ada dari non muslim bisa ikutan berbelanja,” jelasnya.

Kasmawati menjelaskan, juga mengaku bangga karena relawan-relawan S3 Ambon terdiri dari ibu –ibu hebat dan sangat bersemangat. Sedangkan barang-barang yang didonasikan  diperoleh dari sejumlah donatur sekaligus relawan S3 yang tak lain adalah para pengusaha di pusat perbelanjaan Ambon Plaza, Pasar Mardika, dan sejumlah tempat lainnya, termasuk dari sahabat-sahabat yang dijumpai di media sosial facebook.

“Hasil hari ini Alhamdulillah total dana yang terkumpul sebesar Rp. 12 juta,” bebernya (BB-DIO)