BERITABETA.COM, Ambon – Kebutuhan akan fasilitas internet sebagai penunjang penyebaran teknologi dan informasi di Kota Ambon terus menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Di tahun 2020 mendatang, Pemkot Ambon melalui Dinas Kominfo dan Persandian telah merencakan untuk menambah  fasilitas internet gratis di empat lokasi berbeda.

“Untuk tahun 2019 dan 2020 kurang lebih empat lokasi tambahan sesuai dengan kontrak atau dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) kita,”kata Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon, Joy Reiner Adriaansz di Ambon, Senin (18/11/2019).

Adriaansz menjelaskan, empat lokasi tambahan pemasangan Wifi id tabea ini akan disiapkan di lokasi Dermaga Amahusu, Kuliner Tapal Kuda, Taman Karang Panjang (Karpan), dan 5 Kantor Kecamatan di Kota Ambon.

Bukan saja itu, kata Adriaansz, lokasi yang sudah disiapkan fasilitas Wifi tabea id akan ditambahkan pula MBPS. Masing-masing di  lokasi tribun Lapangan Merdeka Ambon yang awalnya 20 MBPS akan ditambahkan menjadi 50 MBPS.

Selanjutnya di  kantor KONI atau Pattimura Park yang awalnya 20 terpasang MBPS akan ditambahkan menjadi 50 MBPS, Di lokasi Patung Leimena juga akan diberlakukan hal yang sama, dari  20 MBPS akan menjadi 50 MBPS.

Hal yang sama kata dia, juga akan dilakukan  pada lokasi Taman Balai Kota, yang sudah terpasang 20 MBPS akan dinaikan menjadi 50 MBPS.

Menurutnya, pemasangan  fasilitas wifi tabea sudah mulai berproses sejak tahun 2017, ini merupakan reward yang diberikan dari PT Telkom Indonesia kepada Pemkot Ambon, karena Ambon dinilai sebagai kota yang bisa wujudkan Smart City. “Awal pemasangan itu secara gratis, tetapi di tahun 2019 harus berlangganan, dan Pemkot sementara berporses untuk kerjasama atau berlangganan dengan PT.Telkom, dan Pemkot melanjutkan langganan dengan layaanan wifi id Tabea,”ujarnya.

Dengan rencana ini, ia berharap, warga Kota Ambon dapat bersabar, karena awal tahun 2020 sudah diaktifkan dan dapat digunakan masyarakat secara gratis. (BB-DIAN)