BERITABETA.COM,  Ambon – Masyarakat Kota Ambon diminta untuk merubah kebiasaan lama dengan senantiasa menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy pada upacara peringati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke-445 yang berlangsung di Lapangan Tahaparry Polda Maluku di kawasan Tantui, Senin (7/9/2020).

Kata Walikota, tema HUT Kota Ambon tahun 2020 ‘Ambon Sehat’ ini merupakan ungkapan doa dari pemerintah dan semua masyarakat Kota Ambon yang percaya kepada Tuhan agar Ambon tetap dijaga.

“Untuk itu, jika yakin dan percaya maka Tuhan akan tunjukkan kuasanya untuk membuat Ambon Sehat,” ujar Richard.

Seluruh elemen masyarakat menginginkan agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Namun, jika hanya sebatas keinginan saja maka hal tersebut tak dapat terwujud. Sehingga harus dibarengi dengan doa dan senantiasa melaksanakan protokol kesehatan.

“Saya mengharapkan seluruh elemen warga untuk bersatu padu merubah kebiasaan agar kita bisa keluar dari pandemi Covid-19,” kata Richard.

Ia menegaskan, sapapun itu, baik pemerintah, saniri, TNI, Polri, Guru Agama, tokoh masyarakat, PNS, pegawai swasta, sopir, anak-anak sekolah maupun para pedagang di pasar da semua warga ingin pandemi ini cepat selesai.

Tapi keinginan saja tidak cukup, harus baku bantu dengan merubah kebiasaan agar keinginan tersebut jadi nyata.

“Pesan saya di HUT Kota Ambon cuma satu, jang paskali bilang ale Ambon, kalo seng disiplin 4M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Itu saja,” tegas Richard (BB-AHM)