BERITABETA.COM, Ambon -Kepolisian Daerah (Polda) Maluku kembali menggelar Tour de Ambon Manise II. Kegiatan nantinya dipusatkan di wilayah Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah ini, bertujuan untuk mempromosikan berbagai destinasi wisata di daerah Seribu Pulau.

Dir Lantas Polda Maluku, Kombes Pol Heru Sasono kepada wartawan mengatakan, Tour de Ambon Manise II, selain promosi wisata, juga untuk memberi pesan kepada publik bahwa Maluku memang laboratorium perdamaian yang harus dikunjungi oleh setiap orang.

“Selain menonjolkan destinasi wisata, kita juga ingin mengajak semua pihak termasuk investor datang ke daerah ini. Kita tunjukan bahwa Maluku itu laboratorium perdamaian,” katanya di Mapolda Maluku, Senin (29/7/2019).  

Tour de Ambon Manise kali ini, kata Sasono, akan diikuti 450 peserta, 150 dari Maluku dan 300 lainnya dari luar termasuk luar negeri. Mereka akan menempuh sebanyak 187 kilometer dimulai dari Gong Perdamaian Dunia dan finis di lapangan Tahapary Tantui Ambon.

“27 orang peserta sudah tiba di Ambon sejak beberapa hari kemarin,” katanya.

Dia berharap kegiatan yang nantinya melibatkan pejabat Mabes Polri, tim dokter, artis dan sejumlah kepala daerah ini lebih meriah dari Tour de Ambon Manise I.

Dirincihkan, untuk Pit Stop I, peserta akan dilepas dari Gong Perdamaian melewati Karpan, Tanjakan Kaki Setan, belakang Polda, Rehobot, Gunung Nona, dan rehat di Pantai Beteshda. Dilanjutkan lagi ke Batu Merah Atas, Halong, SPN Passo dan Pantai Natsepa.

“Di Natsepa nanti kita akan melakukan beragam kegiatan termasuk menunjukan kuliner asal Ambon. Setelah Natsepa, kita akan bikin wisata pantai teluk menggunakan kapal dari pelabuhan perikanan menuju monument Ambon city of musik,” katanya.

Sementara untuk Pit Stop II mulai start dari Mapolda Maluku, melewati Batu Mera, Jembatan Merah Putih, Waiheru, Durian Patah, Telaga Kodok, Mamala, Morella dan rehat di Pantai Saung Aing Morella.

“Ada sajian tarian daerah dan makanan lokal di sana. Peserta juga akan dimanjakan dengan pemandang indah. Ada juga renang, diving di Pantai Batu Kuda,” katanya.

Selain tempat-tempat tersebut, mereka juga akan melewati beberapa wilayah lain dan berarkhir di lapangan Tahapary Tantui Ambon. para peserta akan finis di 178 kilometer (BB-NA)