H-2 Belum Ada Pejabat yang Mendaftarkan Diri

BERITABETA.COM –Ambon – Memasuki H-2 pelaksanaan seleksi jabatan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, masih sepi dari pelamar. Padahal, pembukaan pendaftaran untuk seleksi tiga jabatan eselon II di lingkup Pemkot Ambon itu sudah berlangsung selama sembilan hari.

Tiga  jabatan itu masing-masing,  Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah(BKAD), Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga.

 “Sesuai ketentuan jika sampai 14 hari pelaksanaan pendaftaran belum ada yang mendaftar, maka akan dilakukan perpanjangan waktu pendaftaran,”kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembanagn Sumber Daya Manusia, Benny Selanno, Jumat (24/5/2019).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembanagn Sumber Daya Manusia, Benny Selanno

Benny mengatakan, dengan perpanjangan waktu pendaftaran diharapkan ada pejabat eselon dua dan tiga yang ingin pindah ke jabatan lain, atau eselon tiga yang ingin dipromosi ke jabatan tinggi pratama, dengan  mendaftar sesuai ketentuan yang berlaku.  “Tentunya dengan memperhatikan syarat khusus dan umum yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Menurutnya, proses seleksi ini tergantung minat para pejabat.  Pihaknya tidak bisa mendorong eselon tiga atau dua karena semua tergantung kompetensi.

Ia mencontohkan untuk jabatan Kepala Badan Keuangan dan Bappeda,  membutuhkan orang yang memiliki keahlian pengelolaan keuangan dan perencanaan pembangunan.

“Pejabat yang mendaftarkan diri, tentunya harus melihat  kemampuannya. Jika tidak mampu pada jabatan itu, tidak mungkin mendaftar pada jabatan yang tidak sesuai dengan keahlian dan kompetensi, karena akan sulit pada saat pelaksanaan seleksi, mengingat prinsip “the right man” itu yang akan berlaku,” tandasnya.

Dijelaskan, sesuai ketentuan paling rendah harus ada orang pada salah satu jabatan, baru seleksi bisa dijalankan.

“Kita akan buka dan kejar sampai ada yang daftar karena seleksi ini terbuka untuk umum baik itu pejabat dari Pemerintah provinsi Maluku maupun kabupaten kota lainnya di Maluku,” kata Benny.

Jadwal pendaftaran dan proses seleksi yang ditetapkan panitia seleksi (pansel) yakni pengumuman pendaftaran 13-28 Mei 2019, pengumuman hasil seleksi administrasi 29 Mei 2019, pelaksanaan seleksi terbuka dan penyusunan dan pengolahan hasil seleksi 10 -11 Juni 2019 mendatang, penyampaian hasil seleksi untuk Pansel 12 Juni 2019.

Tahapan lainnya pengujian rekam jejak, wawancara oleh Pansel 15 Juni 2019, penyusunan hasil Pansel 17 Juni 2019 dan penyampaian hasil Pansel ke PPK pada 19 Juni 2019. (BB-DIAN)