Skor Zonasi 1.95, Ambon Belum Bisa Beranjak ke Zona Kuning

Walikota Ambon Richard Louhenapessy

BERITABETA.COM, Ambon – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, sejauh ini skor Zonasi Penyebaran Covid-19 di Kota Ambon adalah 1.95. Sehingga itu, Ambon belum bisa beranjak dari Zona Orange ke Kuning.

“Skor kita sekarang 1.95. Makanya pemberlakuan PSBB Transisi tahap 11 tetap harus diperpanjang menjadi 12 untuk 14 hari ke depan,” kata Louhenapessy kepada wartawan di Kantor Balai Kota Ambon, Rabu (30/12/2020).

Menurut Walikota, penerapan PSBB Transisi akan terus diperpanjang secara otomatis jika posisi Kota Ambon belum menunjukkan arah untuk bergeser dari Zona Orange ke kuning dan kemudian hijau.

“Kita tidak ada pilihan lain, selain melanjutkan penerapan PSBB Transisi yang saat ini sudah masuk tahap 12. Prinsipnya, Pemerintah Kota, akan lakukan evaluasi secara terus-menerus,” tegasnya.

Rencananya, Januari 2021 mendatang Pemkot melalui Satgas Covid-19 setempat akan perketat pengawasan. Jadi untuk menekan angka terkonfirmasi positif Covid-19, lanjut Walikota, Satgas akan perketat lagi pengawasan Protokol Kesehatan dilingkungan masyarakat dan fasilitas umum.

Ia menambahkan merosotnya skor zonasi Kota Ambon saat ini lantaran angka kematian yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Pasien positif corona yang meninggal, juga sangat berpengaruh pada skoring.

Ia menegaskan, tidak akan pesimis, dalam memberantas penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Untuk itu saya imbau kepada seluruh Petugas Satgas, agar kerja saja, dan jangan pesimis. Sampai sekarang saya tetap optimis jika

Ambon akan segera keluar dari zona orange menuju kuning, dan lanjut ke hijau,” katanya. (BB-YP)

BACA JUGA:  'Potong Pele’ Covid-19, LPM Maluku Bagi 2000 Masker Gratis di Kota Ambon

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire