Status Kota Ambon Berubah Jadi Zona Orange Covid-19

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat memberikan penjelasan pada jumpa pers di Balai Kota Ambon
Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, saat memberikan penjelasan pada jumpa pers di Balai Kota Ambon

BERITABETA.COM, Ambon – Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengumumkan saat ini status Kota Ambon sudah diturunkan dari zona merah menjadi jadi Zona Orange Covid-19.

“Saya baru diberitahukan, bahwa kita (Kota Ambon) sudah berubah status. Kita turun dari zona merah ke zona orange. Artinya kita turun status daerah dengan resiko terdampak Covid-19 tertinggi, menjadi daerah resiko sedang,” kata Walikota Ambon yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon kepada media ini di Ambon, Selasa sore (7/7/2020).

Menureutnya, data terbaru dari Kementrian Kesehatan, Kota Ambon termasuk 1 dari 17 kota/kabupaten di Indonesia yang berubah status dari zona merah ke zona orange.

Dengan penurunan status ini, kata Walikota, telah menunjukan bahwa upaya pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di kota Ambon melalui PKM dan PSBB telah menampakan hasilnya.

“Ini karena kerja keras kita semua, terutama masyarakat. Pemerintah hanya menetapkan aturan, dan pelaksanaannya adalah masyarakat. Ini buah dari sebuah ketangguhan warga Ambon. Saya bangga atas apa yang telah masyarakat tunjukan selama ini,” pujinya.

Louhenapessy mengakui, dimanapun, sebuah kebijakan atau keputusan itu tidak pernah secara bulat  diterima semua pihak.

“Tapi saya bangga, karena warga Ambon sangat peduli dan mengikuti anjuran pemerintah, walau memang belum semuanya, dan masih terdapat kekurangan disana-sini,” ujar Louhenapessy.

Ia menambahkan, jika kebijakan PSBB tahap II ini bisa berjalan dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan, Kota Ambon juga akan turun level ke zona kuning atau daerah resiko terdampak rendah.

“Kita juga harus terus meningkatkan kewaspadaan, agar jangan kita terperosok lagi ke zona merah. Ini pekerjaan berat kita kedepan,” terang Louhenapessy (BB-DIO)

BACA JUGA:  Atasi Penyebaran Covid-19, Pemuda SBT Minta Pemdes Perketat Pintu Masuk

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire