BERITABETA.COM, Ambon – Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) Kota Ambon, memastikan untuk tahun 2019 ini, kuota calon haji (Calhaj) asal Kota Ambon yang akan diberangkatkan sebayak 368 orang. Jumlah ini ditetapkan sesuai dengan pembagian di tingkat Provinsi Maluku.

“Secara keseluruhan kuota untuk Provinsi Maluku mencapai 1.080 orang yang dibagikan kepada 11 kabupaten/kota, menyusul pada 2018 tercatat sebanyak 1.090 orang yang berangkat ke tanah suci,” kata Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota, Ambon Wahab Putuhena, Selasa (26/2/2019).

Menurutnya, para Calhaj sekarang ini dalam proses pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Ambon.

Hal ini susuai dengan jadwal keberangkatan dari tahun ke tahun, setelah urusan paspor selesai langsung di kirim ke Jakarta untuk pembuatan visa berangkat ke tanah suci.

Dia mengatakan, Calhaj Kota Ambon yang sudah memiliki paspor baru sebanyak 171, disamping memang Jalhaj yang akan berangkat sudah memiliki paspor juga kurang lebih 35 orang, sedangkan sisanya masih dalam tahap pembuatan di Kantor Imigrasi Ambon.

Sebagian Calhaj, kata dia,  sekarang ini juga masih dalam tahap penyelesaian administrasi seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan lainnya termasuk paspor.

“Ada juga Calhaj Kota Ambon yang hari ini(Selasa) sudah mulai dilakukan pemeriksaan kesehatan di tiga Puskesmas yang sudah ditentukan, masing-masing Baguala, Sirimau dan Nusaniwe,” ujarnya.

Jadi kalau ada Calhaj yang bermukim di kawasan Kecamatan Teluk Ambon bisa melakukan pemeriksaan di Puskersmas Baguala, begitupun yang tinggal di dua kecamatan lainnya.

“Setelah pemeriksaan kesehatan dilakukan, akan dilanjutkan dengan kegiatan manasik haji dan persiapan lainnya,”kata Wahab. (BB-DIO)