Tiba di Ambon, Warga Pendatang Wajib Diisolasi

Gubernur Maluku Murad Ismail saat memberikan keterangan kepada pers terkait penanganan wabah virus corona di Kantor Gubernur, Selasa (24/03/2020).

BERITABETA.COM, Ambon  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku tidak mau kecolongan dengan kunjungan warga dari luar daerah ke Kota Ambon sebagai pintu masuk ke Provinsi Maluku.

Sebagai upaya pencegahan penularan virus corona (Covid-19) di Maluku, maka setiap warga pendatang yang tiba di Kota Ambon diwajibkan untuk mengikuti aturan yang ditetapkan yakni diisolasi di sejumlah tempat yang telah disediakan.

Gubernur Maluku Murad Ismail menegaskan hal ini kepada wartawan di Kantor Gubernur, Selasa (24/03/2020).

Ia mengatakan, salam sehari berdasarkan data yang dihimpun jumlah orang yang berkunjung di Maluku melalui Bandar Udara International Pattimura mencapai 800 orang, 20 persen atau sekitar 40 orang merupakan orang dari Pulau Jawa.

Olehnya itu,  kata Murad,  masyarakat dari luar Provinsi Maluku yang datang akan langsung menjalani isolasi 14 hari di Balai Diklat, Dinas Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku.

“Di Diklat kita sudah siapkan 1000 tempat tidur untuk isolasi, dan saya sudah bicara dengan pak Sekda, Kasrul Selang. Mereka  yang datang sekitar 40 orang itu,  begitu sampai di Ambon kita isolasi  selama 14 hari,”tandas Gubernur.

Bagi yang tidak mau, kata gubernur,  langsung dikembalikan ke daerah asalanya.

“Kalau mereka tak  suka ya kita suru kembali,”tandasnya.

Sementara untuk masyarakat Maluku yang baru datang dari daerah terpapar COVID-19 tetap juga harus menjalani isolasi diri secara mandiri  di rumahnya masing-masing.

“Yang datang asli orang Maluku tetap kita isolasi di rumahnya,”ucapnya.

Kepada masyarakat Maluku, dirinya menghimbau agar disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat, hindari tempat-tempat keramaian, jaga jarak atau prosedur social distancing harus dilakukan.

“Ini sangat penting dan paling penting kita jangan lagi berdekatan, kita jaga diri, ini juga perlu disiplin dari diri kita sendiri. Kalau ini kita tidak disiplin, berarti kita selesai,”tutupnya (BB-CS)

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire