BERITABETA.COM, Ambon – Universitas Darussalam (Unidar)  Ambon menyatakan kesiapannya untuk kembali menerima sebanyak 500 mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2020-2021 ini.

Pembukaan pendaftaran sudah dilakukan Unidar Ambon yang rencananya akan dilakukan dalam tiga tahap.  Di tahap pertama dan kedua total jumlah pendaftar pada April 2020, mencapai 300 orang lebih.

“Saya sampaikan bahwa, kisruh Unidar Ambon kala itu tidak berdampak pada penerimaan mahasiswa baru. Begitupun dalam situasi pandemi Corona saat ini,”kata Ketua Seksi Penerimaan Mahasiswa Baru Unidar Ambon, Aliyah Rahman, kepada wartawan di Kampus Unidar, Wara, Ambon, Senin, (20/7 2020).

Aliyah Rahman mengatakan, awalnya pihaknya pesimis kalau jumlah yang ditargetkan itu tidak bisa tercapai. Namun pesimistis itu terbantahkan dengan jumlah pendaftaran pada tahap pertama dan kedua sudah lebih dari separuh target.

Menurutnya, untuk memenuhi target 500 mahasiswa baru di tahun ini, Unidar Ambon  juga akan kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahap ketiga yang rencananya berlangsung hingga 31 Agustus mendatang.

“Seluruh rangkaian dan tahapan pendaftaran mahasiswa baru berlangsung online. Bahkan tes ataupun seleksi juga berlangsung online,”tambahnya

Namun ada yang beda dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Dimana untuk jalur Bidik Misi, tidak dilakukan pendaftaran bersamaan dengan jalur umum. Jalur Bidik Bisi baru dapat dibuka setelah mahasiswa dinyatakan lulus.

“Nah, kalau sudah lulus baru mereka bisa mengusulkan diri untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi, selama mereka memenuhi syaratnya dan ada seleksi yang dilakukan Universitas dan dipantau Dikti,”ungkap Aliyah Rahman.

Dia menegaskan, kebijakan kampus itu  untuk memangkas Bidik Misi sebagai “Lahan” empuk mahasiswa baru. Sebab selama ini,  para mahasiswa yang mendapatkan bantuan Beasiswa Bidik Misi itu ternyata tidak kulia.

“Jadi kita asumsikan mereka menjadikan Bidik Misi ini sebagai lahan. Makanya ditahun ini agak ketat dan sistem seleksinya berubah,”tegasnya (BB-DIO)