BERITABETA.COM, Ambon – Satu lagi prestasi diperoleh oleh Walikota Ambon Richard Louhenapessy di awal tahun 2020. Walikota Ambon ini ditetapkan sebagai salah satu nominator yang masuk 10 besar pada PWI Award. 

Atas penghargaan ini, Kamis (9/1/2020) pagi ini, Walikota Ambon Richard Louhenapessy akan mempresentasikan proposal ‘Ambon Sebagai Kota Musik’ di depan dewan juri Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2020.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ambon, William Pelupessy kepada beritabeta.com, Kamis (9/1/20202) dari Jakarta menjelaskan, dalam pertemuan awal sekaligus proses pengundian nomor urut yang berlangsung di auditorium Dewan Pers, Jakarta, Rabu (8/1/2020), Kota Ambon mendapat urutan 5.

Presentasi tersebut merupakan pendalaman proposal, sebagai babak akhir, sebelum menerima penghargaan ini pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 9 Februari 2020.

Menurut Pelupessy, selain Walikota Ambon terdapat pula sejumlah bupati/walikota yang ditetapkan sebagai nominator. Mereka masing-masing,  Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, disusul Walikota Baubau – Sulawesi Tenggara AS Tamrin, Walikota Banjarmasin – Kalimantan Selatan Ibnu Sina, Bupati Gunung Kidul – DI Yogyakarta Hj. Badingah, Walikota Ambon Richard Louhenapessy, Bupati Halmahera Barat – Maluku Utara Danny Missy, Bupati Tabalong – Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani, Bupati Serdang Bedagai – Sumatera Utara Soekirman, Bupati Tubaba – Lampung Umar Ahmad dan Bupati Luwu Utara – Sulawesi Selatan Hj Indah Putri Indriani.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari di depan para walikota dan bupati tersebut mengatakan, proses pemberian Anugerah Kebudayaan ini menggunakan indikator pengujian sangat terukur.

“Kita membuat sistem penjurian yang ketat dan terukur sehingga penghargaan ini sangat bergengsi,” katanya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun mengaku bangga PWI dapat menggelar kegiatan ini. “Sebetulnya selain tugas-tugas jurnalistik, organisasi wartawan juga dapat melaksanakan sesuatu yang berguna bagi bangsa dan Negara,” ungkapnya.

Dikatakan, pemberian penghargaan kepada para pimpinan daerah digagas untuk mengingatkan selama ini sering kali dalam proses pembangunan fokus di fisik, tetapi pembangunan daerah berbasis budaya juga tak boleh dilupakan.

Koordinator Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI, Yusuf Susilo Hartono menjelaskan acara ini digelar PWI Pusat bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

“Ke-10 Bupati/Walikota ini dipilih dari 19 Bupati dan 11 Walikota dari 18 provinsi yang mengirim proposal. Penilaiannya menitik beratkan pada aspek bentuk dan isi proposal. Meliputi tata visual dan bahasa. Juga teknik penyajian, yang terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah dan bupati/walikota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturan daerah, kebijakan program dan strategi inovasi, serta aspek pendukung berupa SDM, anggaran, hingga infra struktur,” jelasnya.

Dewan juri yang akan menilai proposal dari masing-masing peserta yakni Nungki Kusumastuti (penari, artis film, Dosen Institut Kesenian Jakarta) selaku ketua merangkap anggota serta Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (pengamat seni-budaya, penulis buku), Atal S Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Yusuf Susilo Hartono (pelukis, wartawan senior, Pengurus PWI Pusat) sebagai anggota.

Pelupessy menambahkan, proses presentase proposal sementara berlangsung dan sudah 2 peserta yang melaksanakannya yakni Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, disusul Walikota Baubau – Sulawesi Tenggara AS Tamrin .

‘’Walikota Ambon, kemungkinan sekitar pukul 11.45 WIB baru mendapatkan giliran,’’ urainya (BB-DIAN)