BERITABETA.COM,  Ambon – Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mendorong seluruh desa/negeri/kelurahan di Kota Ambon untuk kreatif membuat kebun percontohan sebagaimana program Polri kepada seluruh Polres di Maluku.

Hal itu disampaikan saat melaunching Kampung Tangguh Nusantara (KTN) kebun percontohan rakyat Laudato Si di Negeri Passo.

“Saya mendorong ke semua desa dan negeri di Kota Ambon untuk segera melakukan hal yang sama,” kata Walikota kepada wartawan di Ambon, Senin (27/7/2020).

Dengan semangat SAGU (Sehat, Aman, Guyub dan Unggul) ini bukan hanya dilihat dari sisi ketahanan pangan saja, tapi juga memperhatikan kesehatan bersama, keamanan bersama, serta bekerjasama untuk menciptakan daerah yang unggul.

“Jika lahan yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan baik, maka akan memberikan kesejahteraan secara ekonomis bagi masyarakat,” terangnya.

Dikatakan, lewat program Kampung Tangguh Nusantara dengan kebun percontohan seperti ini, masyarakat bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan sosial, ekonomi maupun diri ditengah pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan, KTN Kebun Percontohan yang diberi nama Laudato Si merupakan salah satu program Polri bagi Polres-Polres yang ada di Maluku yang bertujuan untuk memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan serta produk pertanian berbasis kemandirian masyarakat.

“Saya berharap, kebun percontohan di Negeri Passo ini menjadi embrio bagi semua desa/negeri di Kota Ambon untuk dapat mengembangkan kreativitas serta inovasi yang bersinergi dalam semangat Sehat, Aman, Guyub dan Unggul,” tandasnya. (BB-AHM)