BERITABETA.COM-Masohi – Sebanyak 1.421 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Saparua Timur, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menerima Bantuan Sosial Beras (BSB) dari Program Keluarga Harapan (PKH)  yang disalurkan  Kementerian Sosial RI.

Total BSB yang disalurkan ke Kecamatan Saparua Timur ini berjumlah sebanyak  63.945 kilogram yang diterima 1.421 KK atau keluarga penerima manfaat (KPM) yang tersebar di 10 negeri ada di kecamatan tersebut.

Yusuf Patty, Pendamping Program PKH Kecamatan Saparua Timur kepada beritabeta.com, Senin (26/10/2020)  menjelaskan,  proses penyaluran  BSB dari Kementerian Sosial ini dilakukan sebagai upaya pemerintah  dalam menangani dampak pandemi Covid-19 di tengah masyarakat.

Menurut Yusuf, kuota beras yang diterima masing-masing keluarga penerima manfaat BSB PKH ini sebanyak 45 kilogram.

“Setiap peserta KPM PKH akan mendapatkan masing-masing 45 kilogram beras,”jelasnya.

Total jumlah penyaluran BSB di Kecamatan Saparua Timur yang tersebar di 10 negeri adalah sebagai berikut, Negeri Iha 22 KPM, Ihamahu 126 KPM, Itawaka 153 KPM, Mahu 51 KPM, Nolloth 307 KPM, Ouw 143 KPM, Siri Sori Islam 117 KPM, Siri Sori Amalatu 181 KPM, Ulath 130 KPM dan Tuhaha 191 KPM.

Sementara itu, Camat Saparua Timur Halid Pattisahusiwa, dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya terhadap penyaluran BSB program PKH ini.

“PKH merupakan kegiatan yang sangat membantu untuk menunjang kehidupan masyarakat miskin. Sentuhan program ini sangat dibutuhkan masyarakat di tangeh masa pandemic Covid-19 yang belum berakhir saat ini,”ungkap Camat.

Halid mengharapkan penyaluran BSB ini harus sampai langsung ke semua KK penerima manfaat sesuai dengan ketentuan,  baik jumlah maupun kualitasnya.

Dalam program ini, Kemensos RI bersinergi dengan BULOG dalam  menyalurkan BSB dengan tujuan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Bantuan itu diberikan kepada 10 juta KPM dan PKH di seluruh Indonesia  yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial keluarga dan sudah terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” tutup Yusup (BB-ES)