BERITABETA.COM, Ambon – Camat Gorom Barat, Kabupaten Seram Bagian Timur, Mega Rodyah Wattimena meminta agar Bank Pembangunan Daerah Maluku dan Maluku Utara (BPDM) segera difungsikan di Pulau Gorom.

“Kami minta agar bank tersebut difungsikan agar mempermudah transaksi di Gorom dan sekirarnya,” kata Megah Rodyah Wattimena di Ambon, Sabtu (8/12/2018).

Permintaan ini, ia sampaikan saat melakukan pertemuan dengan Tim Ekspedisi Kas Keliling Bank Indonesia Maluku di Gorom, 3 Desember 2018.

Tim BI kala itu melaksanakan pelayanan penukaran uang lusuh, uang layak edar, sosialisasi keaslian uang rupiah asli, pengobatan gratis untuk warga, menyumbangkan buku dan alat olahraga kepada dua SMA di Gorom.

Dia menjelaskan, informasi yang didapat yakni belum difungsikan BPDM ini karena belum ada izin dari BI.

“Masyarakat Pulau Gorom dan sekitarnya sangat merindukan sekali difungsikannya BPDM tersebut karena proses bertransaksi terutama penukaran uang dan tabungan juga bisa dilaksanakan di BPDM yang ada di Gorom,” ujarnya.

Jadi, lanjutnya, kami harapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama BPDM sudah bisa difungsikan, apalagi perputaran uang semakin hari semakin lancar.

Selain itu ada juga beberapa urusan yang perlu diselesaikan di BPDM tanpa harus di kabupaten atau ke Ambon, terutama pengelolaan dana desa harus berurusan sampai ke kabupaten yang membutuhkan waktu dan juga dana , tetapi kalau kehadiran BPDM di Gorom sangat mempermudah prosesnya.

“Kepala-kepala desa yang ada di Kecamatasn Gorom barat maupun Gorom Timur saat berurusan dengan dana desa tidak perlu lagi ke kabupaten, cukup datang ke Gorom saja sebab sudah ada BPDM,” ujarnya.

Tidak perlu membuang-buang waktu atau menunggu terlalu lama di kabupaten, berurusan saja di Gorom kalau BPDM sudah berfungsi, apalagi perjalanan ke kota kabupaten yakni Bula perlu dana yang cukup besar, waktu dan juga tenaga.

Dia menambahkan, masyarakat bukan hanya mengharapkan BPDM, melainkan bank-bank lain juga beroperasi di Gorom. (BB-DIO)