Inspirasi Ide Kerja Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

Ilustrasi Usaha Sampingan

BERITABETA.COM, Ambon – Di masa pandemi Covid -19 ini, banyak sekali karyawan yang dirumahkan hingga akhirnya berimbas pada gaji yang terpotong. Untuk bisa bertahan hidup, setidaknya karyawan memang perlu mencari bisnis sampingan.

Di bawah ini ada beberapa ide bisnis yang bisa dapat dimanfaatkan untuk bisnis sam6pingan. Beberapa bisnis di bawah ini bisa tepat dilakukan di rumah dan hanya perlu mengandalkan koneksi internet. Apa sajakah itu?

Inspirasi Ide Sampingan yang Cocok Untuk Karyawan

Banyak orang yang secara finansial tidak puas dengan pendapatan mereka dan membuka usaha sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang.

Terlepas dari adanya pandemi Covid-19 atau tidak, beberapa karyawan memang ingin sekali mengeksplorasi minatnya dan membuka bisnis kecil sebagai sampingan.

Berikut adalah ide bisnis sampingan yang bisa dicoba untuk karyawan seperti dilansir di https://bukuwarung.com/ide-usaha-sampingan-untuk-karyawan.

1. Freelance Writer

Freelance writer adalah ide yang bagus untuk meningkatkan penghasilan Anda karena dapat dilakukan kapan saja. Anda juga dapat memilih berapa banyak tulisan yang hendak Anda tangani.  Anda dapat mengerjakan proyek kapan selama bisa diselesaikan sebelum tenggat waktu.

Beberapa bidang yang bisa Anda jadikan peluang bisnis adalah menjadi copywriter, copy editor, jurnalis, kritikus film, penulis SEO dan banyak lagi. Ada banyak situs yang mencari freelance writer, Anda dapat membuat profil dan melamar pekerjaan tersebut.

2. Affiliate Marketing

Salah satu cara tercepat untuk menghasilkan uang secara online adalah melalui affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Pemasar afiliasi mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan yang diajak kerjasama melalui tautan afiliasi unik seperti dilansir di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bukuwarung.

Anda dapat menggunakan tautan afiliasi di blog, email, posting media sosial, iklan, dan sebagainya.

BACA JUGA:  Penukaran Uang Lusuh di Wilayah 3T Capai Rp3,470 Miliar

Cukup temukan program afiliasi dari perusahaan yang menawarkan program dengan imbalan promosi afiliasi. Anda harus memilih niche yang memiliki banyak vendor produk untuk meningkatkan peluang Anda menghasilkan uang.

Mulailah dengan beberapa produk sekaligus, sehingga Anda bisa mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Tapi ingat, selalu lacak metrik Anda untuk melihat produk apa yang laku dan mana yang gagal, ya!

3. Menjadi YouTuber

Ada lonjakan besar mengenai jumlah orang yang menonton video online selama pandemi COVID-19 ini. Jika Anda adalah orang yang kreatif, mengapa tidak Anda manfaatkan situasi ini sebagai peluang menghasilkan uang tambahan?

Anda yang menyukai makanan, desain interior, berkebun, menari, membuat kerajinan, manfaatkan saja minat ini dengan membuat video yang berkualitas.

Bangun pengikut di YouTube sebanyak-banyaknya hingga YouTube Anda berhasil dimonetize.  YouTube yang sudah termonetize dapat memberikan Anda pendapatan sampingan yang konsisten di masa depan.

4. Jual Produk Kesehatan

Di masa pandemi COVID-19, banyak orang yang mencari produk-produk kesehatan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Anda dapat menjual obat herbal, jamu atau obat yang aman dan bagus dikonsumsi dan dipasarkan ke sosial media atau e-commerce.

Menjual produk kesehatan  adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang pada saat-saat sulit seperti ini. Anda dapat menjualnya secara online untuk mendapatkan uang.

5. Jual Produk Seni dan Kerajinan

Saatnya untuk mengeksplorasi kreativitas Anda dan mengubahnya menjadi inspirasi ide sampingan yang cocok untuk karyawan. Gunakan barang-barang yang tidak terpakai di rumah Anda untuk membuat berbagai produk seni dan kerajinan yang dapat Anda jual ke tetangga, saudara, teman atau secara online.

Dengan munculnya internet, memulai ide sampingan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Jika  dapat menghasilkan uang tambahan dari rumah, mengapa tidak mengeksplorasi bakat Anda dan mencobanya?

BACA JUGA:  Nasib Pendidikan Maluku di Masa Pandemi Covid-19

Jangan lupa, atur keuangan pekerjaan utama dan bisnis Anda dengan aplikasi laporan keuangan agar tidak tercampur dengan keuangan pribadi Anda (BB-DIO)

 

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire