Mobil Desa Buatan Indonesia Diborong Orang Terkaya dari Nigeria

BERITABETA.COM, Jakarta – Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau mobil desa buatan Indonesia, secara bertahap akan diekspor ke Nigeria, Afrika.
Tidak tanggung-tanggung ada 10 ribu unit AMMDes yang akan dikirim.

AMMDes sendiri merupakan kendaran yang diperuntukkan untuk pelosok pedesaan. AMMDes adalah kendaraan multifungsi yang bisa menjadi alat transportasi, alat produksi, hingga menjadi alat bantu kerja yang lain, contohnya menjadi ambulans pengumpan.

10 ribu mobil ini dipesan oleh perusahaan Dangote Group. Pemiliknya adalah Alhaji Aliko Dangote, orang terkaya di Afrika. Kendaraan ini akan dikirimkan secara bertahap selama 5 tahun hingga mencapai 10 ribu unit.

Namun, nilai proyek masih dalam tahap negosiasi. Di tahap awal, ada 3 unit AMMDes yang akan dikirimkan ke Nigeria bulan ini, yaitu penjernih air, pengupas padi, dan pengolahan singkong.

“Dangote (Alhaji Aliko Dangote) orang terkaya Afrika yang sangat berminat impor AMMDes ke Nigeria,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dalam konferensi pers, Senin (6/1/2020).

Dangote tertarik memborong kendaraan ini karena ketangguhannya di jalur ekstrem. Menteri Agus Gumiwang menegaskan bahwa nyaris 100% komponen AMMDes merupakan produk lokal.

Dilansir dari Forbes, Dangote memiliki harta kekayaan mencapai USD14,8 miliar atau setara Rp 207,2 triliun.. Dia merupakan orang terkaya di Afrika dan berada di posisi ke-96 orang terkaya di seluruh dunia (BB-DIO)

loading...

Mitra Kami

Asosiasi Media Siber Indonesia

PR Newswire