Nasib Tenaga Kerja Jadi Perhatian Pemkab Maluku Tengah

Nasib Tenaga Kerja Jadi Perhatian Pemkab Maluku Tengah
Bupati Maluku (Malteng) H. Tuasikal Abua SH, saat mengukuhkan Dewan Pengupahan Daerah (DPD) Kabupaten Malteng di lantai dua Kantor Inspektorat, Kamis (5/7/19). (FOTO: BERITABETA.COM/FANDI AHMAD)

BERITABETA.COM, Masohi –  Bupati Maluku (Malteng) H.  Tuasikal Abua SH, berharap kepada Dewan Pengupahan Daerah (DPD) untuk berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai kasus yang meililit para tenaga kerja swasta.

Ia meminta pegawasan dan perhatian dilakukan terhadap gaji tenaga kerja yang belum dibayar perushaan sesuai standar Upah Minimum Regional (UMR), atau belum terjangkau BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan.

Penegasan ini disampaikan Tuasikal Abua pada saat melakukan  pengukuhan DPD Kabupaten Malteng di lantai dua Kantor Inspektorat, Kamis (5/7/19).

“Apabila masih ada kasus tenaga kerja yang mungkin gajinya belum dibayar sesuai standar UMP, atau hak-hak lainnya  oleh Pengusaha,  maka saya berharap agar Dewan Pengupahan Daerah dapat berperan memfasilitasi penyelesaiannya,” harap Tuasikal dalam sambutannya pada tersebut.

Tuasikal yakin masih banyak pekerja di daerah ini yang belum sepenuhnya mendapatkan hak-haknya berupa,  gaji yang sesuai standar UMR atau belum terjangkau oleh program BPJS ketenagakerjaan maupun BPJS kesehatan.

Bupati Malteng saat memberikan sambutan pada acara pengukuhan Dewan Pengupahan Daerah (DPD)

“Saya yakin dengan kompisisi kepengurusan yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha dan pekerja, maka Dewan Pengupahan Daerah ini  mampu menjalankan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan di pundak saudara-saudara demi keberhasilan dan kesejahteraan bagi semua pihak,” tandasnya.

Sejalan dengan itu, Tuasikal berpesan agar DPD Malteng yang baru saja di kukuhkan, terpikul tanggungjawab yang luas dan berat untuk mengupayakan, agar hak dan kewajiban baik para pekerja,  maupun pengusaha pada seluruh bidang dan sektor dapat dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Dewan Pengupahan ini harus dapat bekerja profesional dan sukses sebagaimana yang diharapkan.  Saya berpesan agar saudara-saudara harus bekerja optimal demi menciptakan iklim ketenagakerjaan dan hubungan industrial yang harmonis dan penuh nuansa kekeluargaan dalam semangat hidup orang basudara,” pesan Tuasikal.

Selain itu kata Tuasikal,  Dewan Pengupahan juga harus mampu mengembangkan dialog yang sehat dengan para pekerja, buruh dan pengusaha,  sehingga akan melahirkan komunikasi yang efektif dan sehat serta terhindar dari prasangka yang bersifat negatif kepada Dewan Pengupahan ini.

“Saya juga menghimbau kepada para pekerja dan pengusaha serta semua elemen masyarakat agar senantiasa merawat persatuan dan kesatuan, menjalin silaturahmi. Dan juga memelihara keamanan dan ketertiban sehingga memudahkan kita semua dalam mensukseskan seluruh program pembangunan sebagai prasyarat dalam mewujudkan Malteng yang lebih maju, sejahtera dan berkeadilan dalam semangat hidup orang basudara,” harap Tuasikal  (BB-FA)

Close Menu