BERITABETA.COM, Ambon – Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mengatakan,  pihaknya akan terus mendorong agar di tahun 2020 mendatang seluruh wilayah di Maluku sudah 100 persen teraliri listrik.

Sementara saat ini, elektrifikasi di wilayah Maluku baru mencapai  sekitar 89 persen.   Masih ada 300 desa lebih di Maluku belum terjamah listrik.

“Kami ingin memastikan itu. Bahwa elektrifikasi di Maluku baru 89 persen di tahun  2019 dan di tahun 2020 akan menjadi 100 persen. Sesuai penjelasan gubernur,  ada 300 desa yang belum tersentuh listrik,” kata Suparwoto di sela-sela kunjungan Komisi VII DPR RI di Maluku, Rabu (18/12/2019).

Ia mengakui, saat ini masih ada  berbagai problem yang terjadi di lapangan sehingga elektrifikasi di Maluku belum mencapai 100 persen.

Rombongan Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan Kapal Pembangkit Listrik Yasin Bey di Maluku, Rabu (18/12/2019)

“Memang ada problem geografis, infrastruktur dan kita harus akui, makanya kita juga harus cari jalan misalnya dengan PLTD kami akan terus mengawal,”tandasnya.

Untuk itu, kata dia, kedatangan rombongan Komisi VII DPR RI  ke Maluku, juga untuk memastikan pasokan listrik jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Kedatangan kami untuk memastikan listrik yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat itu dalam posisi baik, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru.  Konsen pertama kami adalah listrik. Kami juga bawa pertamina, kita akan cek juga BBM untuk masyarakat Maluku cukup dan dengan harga yang sebagaimana ditetapkan oleh pemerintah atau terjangkau masyarakat,”tegasnya. (BB-DIAN)